Kepala Bappenas Sebut Banyak UMKM dan Platform Digital RI Jual Produk China

Kamis, 22 Oktober 2020 18:10 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kepala Bappenas Sebut Banyak UMKM dan Platform Digital RI Jual Produk China Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Sektor UMKM disebut sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Tidak sedikit dari mereka yang masih bisa bertahan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sayangnya, menurut Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa banyak pelaku usaha mikro dan kecil di Indonesia menjalankan usahanya sebagai pihak kedua. Para pedagang di Indonesia hanya menjual produk yang dihasilkan oleh pihak lain bukan produksi sendiri. Dia mengaku miris melihat produk yang dijual pedagang didominasi produk impor dari China.

"Cobalah ke Pasar Blok M misalnya, itu yang dijual UMK itu semua made in China. Tapi mereka tidak punya pilihan selain harus bertahan dan harus hidup," kata Suharso dalam webinar bertajuk Revitalisasi UMKM, Pembiayaan dan Digitalisasi, Jakarta, Kamis (22/10).

Bahkan, produk impor tersebut juga banyak dijual di platform digital yang ada di Indonesia. Semisal Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan sebagainya yang juga menjual produk UMKM buatan Indonesia.

"Produk ini juga masuk ke Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan lainnya sehingga membuat UMKM kita tergopoh-gopoh," ungkap Menteri Perencanaan, Pembangunan Nasional ini.

Hal yang sama juga terjadi dalam skala industri besar. Semisal produksi pandai besi hasil UMKM asal Madiun Jawa Tengah yang habis terlindas oleh perusahaan besar.

Baca Selanjutnya: Saling Menopang...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bappenas
  3. UMKM
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini