Kekayaan Bahan Baku RI Mampu Topang Pengembangan Kendaraan Listrik

Selasa, 27 Agustus 2019 11:50 Reporter : Merdeka
Kekayaan Bahan Baku RI Mampu Topang Pengembangan Kendaraan Listrik Kadin Indonesia. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menyatakan, meski kekayaan alam di Indonesia banyak menyediakan bahan baku untuk menunjang produksi kendaraan listrik, namun negara masih punya pekerjaan rumah untuk meningkatkan pengetahuan teknis terkait produksi kendaraan listrik.

"Marilah kita mengambil momentum ini untuk membangun industri elektrifikasi kendaraan bermotor di kita. Di kita Alhamdulillah raw material lengkap, tinggal technical know-how yang diperbaiki," kata Rosan di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (27/8).

Senada, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian Johnny Darmawan menyampaikan rasa syukur bahwa tanah Indonesia menyimpan kekayaan bahan baku kendaraan listrik. Dia juga mengajak pihak terkait untuk lebih memperdalam teknik produksinya.

"Ada satu bahan baku yang kecil tapi kita belum punya, yaitu teknologi. Saya mengharapkan dengan ada pakar di sini bisa memperbaiki juknis sehingga nantinya secara produksi bisa mendekati sempurna," tutur dia.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019, pada 2025 nanti setidaknya ditargetkan ada 20 persen kendaraan listrik di pasar otomotif Indonesia. Maka dari itu, dia menekankan pentingnya kolaborasi dari semua pelaku industri terkait.

Tak hanya pelaku industri, pemerintah baik pusat dan daerah dinilainya juga perlu membuat kebijakan yang dapat mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Saya sempat ngomong dengan pak Anies (Baswedan), nanti kalau electric car tidak usah kena ganjil-genap dan kena ongkos parkir di mall lah. Itu supaya kita mau beralih ke electric car," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini