Kehilangan Kenek, Sopir Damri Bandara Soekarno Hatta Mogok Beroperasi

Sabtu, 6 Juli 2019 11:15 Reporter : Merdeka
Kehilangan Kenek, Sopir Damri Bandara Soekarno Hatta Mogok Beroperasi Bandara Soekarno Hatta. ©jetphotos.net

Merdeka.com - Pagi ini, hiruk pikuk Bandara Soekarno Hatta nampak sepi. Pasalnya puluhan pengemudi Damri Bandara Soekarno Hatta melakukan demo dan mogok kerja akibat pemberhentian dari helper atau kenek oleh pihak Damri.

Menanggapi hal ini, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani angkat bicara. Baginya, layanan helper ini masih dibutuhkan meskipun saat ini telah diberlakukan sistem E-ticket.

"Saya kira helper masih dibutuhkan untuk angkat barang bagasi dan lain-lain. Kalau cuma sedan atau taksi ya memang helper tidak terlalu dibutuhkan. Tapi kalau ini bus menurut saya sih masih perlu," ujar Ahmad Yani di Yogyakarta, Sabtu (6/7).

Direktur Utama Perum Damri Setia N Miliati Moemin menjelaskan, pemberhentian para helper karena saat ini Damri tengah gencar memberlakukan penggunaan electronic ticketing system atau E-ticket. Sehingga menurut DAMRI layanan helper dalam bus sudah tidak diperlukan.

Pihak Damri tidak lepas tangan begitu saja akan nasib para helper yang telah diberhentikan. Damri mengklaim telah membantu kurang lebih dari 300 helper yang ada untuk melakukan seleksi pekerjaan di sebuah perusahaan outsourcing.

Meski demikian, hingga kini hanya ada 90 orang saja yang lolos dan sayangnya kebanyakan helper lebih memilih mengundurkan diri akibat telah terprovokasi.

"Yang lulus tes seharusnya bisa langsung bekerja, namun mereka mengundurkan diri, terprovokasi oleh rekan-rekannya yang tidak lulus dan melakukan protes," jelas Setia.

Terkait mogok kerja ini, pihak Damri menyampaikan permohonan maaf dan berjani akan segera mengatasi permasalahan ini agar dapat kembali melayani para pelanggannya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Ayu Lestari [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini