Kata Erick Thohir soal Rencana Emirates & Etihad Tanam Investasi ke Garuda Indonesia

Kamis, 7 Juli 2022 15:35 Reporter : Merdeka
Kata Erick Thohir soal Rencana Emirates & Etihad Tanam Investasi ke Garuda Indonesia Erick Thohir. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir angkat bicara soal rencana dua maskapai besar Uni Emirat Arab, Emirates dan Etihad untuk menanamkan investasi ke Garuda Indonesia.

Erick Thohir belum mau berbicara banyak soal itu. Dia saat ini masih ingin fokus terhadap proses restrukturisasi maskapai pelat merah tersebut. Untuk kemudian memperkuat keuangan Garuda Indonesia penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun.

"Saya bilang langkah pertama setelah restrukturisasi adalah penyelamatan yang dilakukan pemerintah dengan memasukkan dana Rp7,5 triliun sebagai penguatan kondisi Garuda," ujarnya saat ditemui di Sarinah, Jakarta, Kamis (7/7).

Pemerintah pun telah menyetujui bisnis model baru Garuda Indonesia untuk lebih memperkuat layanan domestiknya ketimbang penerbangan internasional.

"Kalau bicara langkah selanjutnya, tadi kan saya bilang bahwa mitra strategis diperlukan untuk membangun ekosistem perbaikan logistik barang dan manusia. Sehingga kita bisa punya kekuatan sendiri," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Penjajakan Kerja Sama

Sebelumnya, Erick sempat mengutarakan proses penjajakan kerja sama dengan Emirates dan Etihad melalui akun Instagram miliknya, @erickthohir. Hal itu dilakukannya saat melawat ke Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.

Kala itu, dia bersama Indonesia Investment Authority (INA) sempat berdiskusi dengan Chairman and Chief Executive Emirates, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum.

"Kami membahas kerja sama yang telah terjalin selama ini serta potensi kemitraan strategis lainnya. Ini adalah bagian dari penguatan industri penerbangan serta mendukung ekosistem pariwisata domestik Indonesia," tulisnya.

Setelahnya, Erick Thohir juga menemui Chairman of Etihad Mohamed Ali Al Shorafa. Erick mengutarakan optimismenya agar perusahaan sponsor utama klub kaya raya asal Inggris, Manchester City.

"Tak ada niat baik yang berakhir sia-sia. Usaha kami dalam merustrukturisasi Garuda Indonesia mendapat apresiasi luar biasa dari beberapa pihak, termasuk dari Etihad maskapai penerbangan dari Uni Emirat Arab," ungkapnya.

"Kami berharap kerja sama ini juga menciptakan ekosistem pariwisata yang semakin baik," kata Erick Thohir.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
DPR Setuju PMN untuk Garuda Indonesia Sebesar Rp7,5 Triliun
Jika Syarat ini Terpenuhi, Sri Mulyani Siap Cairkan Rp7,5 T untuk Garuda Indonesia
Erick Thohir: Bersih-Bersih BUMN Tak Sekadar Penegakan Hukum, tapi Perbaikan Sistem
Garuda Indonesia Ubah Model Bisnis, Fokus ke Penerbangan Domestik dan Kargo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini