Jelang Kenormalan Baru, Kemenkop UKM Bakal Rapid Test 575 PNS

Kamis, 4 Juni 2020 16:37 Reporter : Sulaeman
Jelang Kenormalan Baru, Kemenkop UKM Bakal Rapid Test 575 PNS ASN Rapid Test Covid-19. ©2020 Liputan6.com/Tira Santira

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kembali melakukan rapid test gelombang kedua yang dilakukan pada 575 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berlangsung hingga Jumat (5/6). Pengulangan rapid test ini bertujuan memastikan kondisi terakhir ASN menjelang tata kerja era kenormalan baru atau new normal di lingkungan Kemenkop dan UKM.

"Saat ini pemerintah akan mencoba secara bertahap mengembalikan kegiatan kerja dengan standar kenormalan yang baru. Untuk itu kami ingin memastikan kondisi terakhir ASN dengan harapan semua ASN dalam kondisi fit dan sehat," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan, di Jakarta, Kamis (4/6).

Rully menjelaskan, pada rapid test gelombang pertama 18 Mei lalu yang diikuti 300 ASN, secara umum berlangsung lancar dan tidak ada ASN yang terpapar Covid-19. Kendati ditemukan empat ASN yang reaktif saat dilakukan pengetesan. Beruntung setelah dilakukan isolasi dan pemberian vitamin, secara rutin. Keempat ASN dinyatakan negatif terjangkit covid-19.

Dia menegaskan, setelah rapid test ini pihaknya tidak akan berhenti dan lengah dalam melindungi seluruh pegawai Kemenkop UKM. Misalnya Gugus Tugas Covid 19 di lingkungan Kemenkop UKM akan terus memberlakukan standar protokol kesehatan berdasarkan standar WHO (World Health Organization) termasuk tata kerja di era new normal.

ASN akan diatur secara bergilir siapa yang bisa masuk kantor dan siapa yang boleh bekerja dari rumah (WFH), dengan standar produktifitas yang sudah ditetapkan. "Terhadap ASN yang masuk kantor, kita akan sediakan menu makan siang yang bergizi juga dilengkapi asupan vitamin agar kondisi kesehatan ASN tetap terlindungi, fit dan daya tahan tubuh terus terjaga," jelasnya.

Pihaknya juga mulai melakukan sosialisasi tata kerja di era new normal di lingkungan Kemenkop dan UKM baik melalui pejabat eselon untuk kemudian diteruskan kepada ASN di lingkungannya masing-masing, maupun memberikan informasi sosialisasi kepada ASN yang bekerja dari rumah.

1 dari 1 halaman

Panduan New Normal

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada situasi Pandemi.

Dengan aturan tersebut, dunia usaha dan pekerja akan bisa memulai aktivitasnya di tengah-tengah pandemi.

"Untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal," kata Menkes Terawan Agus Putranto dalam keterangannya seperti dikutip Senin (25/5).

infografis the new normal di kantor

©2020 Merdeka.com

Dalam aturan tersebut, Terawan meminta tempat usaha bisa melihat asupan nutrisi bagi karyawannya. Bahkan diminta disediakan, vitamin.

"Mengatur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja, pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Jika memungkinkan pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C," demikian bunyi salah satu aturannya tersebut. [azz]

Baca juga:
Pimpinan dan Pegawai KPK Jalani Tes Covid-19
Jelang New Normal, Pimpinan dan Pegawai KPK Jalani Rapid Test
Gelar Rapid Test di Surabaya, Satgas Covid-19 BIN Temukan 136 Orang Reaktif
New Normal, Ribuan Karyawan Tempat Hiburan di Bekasi Wajib Rapid Test

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini