Jatuh Bangun Bisnis Forrest Li, Orang Terkaya Singapura Pendiri Shopee dan Garena

Senin, 24 Agustus 2020 08:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Jatuh Bangun Bisnis Forrest Li, Orang Terkaya Singapura Pendiri Shopee dan Garena forrest xiaodong li. ©2020 Instagram forrest xiaodong li

Merdeka.com - Forrest Li mencatatkan namanya sebagai orang terkaya nomor 7 di Singapura versi Forbes. Kekayaannya, per 18 Agustus, mencapai USD 7,1 miliar atau Rp 104 triliun (asumsi Rp 14.788 per USD).

Dilansir dari Forbes, sebelum memulai bisnisnya, Li sempat menjadi pegawai di Motorola dan Corning. Keinginannya membuka bisnis lahir dari keseringannya mengevaluasi resume calon pekerja yang kemudian membuatnya berpikir mau jadi apa dirinya di masa depan.

"Saya akhirnya menyadari akan seperti apa resume saya dalam lima tahun mendatang. Dan saya tidak menyukainya," ujarnya.

Pada 2005, Li menghadiri perayaan kelulusan istrinya Ma Liqian di mana Steve Jobs menjadi salah satu penceramah. Saat itu perkataan Jobs menginspirasi Li untuk mengejar ambisinya di bidang game online. Tak lama dia mendirikan GG Game di Singapura.

Sayang GG Game tak sukses. Li lalu kembali membangun Garena di 2009 bersama David Chen dan Gang Ye. Keduanya kini juga seorang miliuner sama seperti Li.

Garena juga mengalami nasib serupa. Li pun menjual Garena pada 2010 kepada Riot Games dan Tencent. Pada 2014, Li Cs meluncurkan AirPay yang nantinya berubah menjadi jasa keuangan digital SeaMoney. Setahun berikutnya, Sea meluncurkan e-commerce bernama Shopee.

Mantan Presiden Sea, Nick Nash, mengatakan langkah Li ini menjadi rencana yang terinspirasi oleh Alibaba dan Tencent untuk menggarap pasar Asia Tenggara. Di 2017, Li membawa Sea menuju lantai bursa dan meraup USD 884 juta. Nilai perusahaan turut meningkat menjadi USD 4 miliar.

"Rencana Li jelas, membawa model bisnis dari China dan menerapkannya ke pasar lokal," ujar Nash.

Baca Selanjutnya: Virus Corona Datangkan Cuan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini