Jadi Anggota Holding BUMN Pariwisata, Sarinah Bakal Ekspansi ke Luar Jawa

Jumat, 14 Januari 2022 15:49 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jadi Anggota Holding BUMN Pariwisata, Sarinah Bakal Ekspansi ke Luar Jawa sarinah. wordprees.com

Merdeka.com - Direktur Marketing PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono berencana untuk membuka kembali gerai Sarinah di beberapa wilayah luar Jawa. Perluasan ini mejadi bentuk komitmen BUMN untuk membangkitkan produk-produk UMKM lokal.

Maya melihat, sejauh ini keberadaan Sarinah masih mendominasi di dalam Pulau Jawa. Sehingga, rencana ekspansi ini penting supaya keberadaan Sarinah bisa menjangkau seluruh daerah.

"Kalau Sarinah kita memang ada wacana untuk membuat di beberapa tempat lagi di luar Jawa," kata dia dalam konferensi pers, Jumat (14/1).

Meski begitu, Maya enggan merincikan lebih jauh daerah-daerah mana yang akan menjadi lokasi Sarinah. Sebab, dirinya masih mempelajari dan akan kembali berkomunikasi dengan manajemen.

"Ini saya harus tunggu saya mulai dan menelaah apa yang terjadi. Saya rasa ini kita bisa bangkitkan lagi produk UMKM lokal melalui Sarinah," kata dia.

Informasi saja, PT Sarinah merupakan anggota dari Indonesian Journey atau Holding Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia. Sarinah masuk bersama BUMN lainnya seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Hotel Indonesia Natour, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko.

2 dari 2 halaman

Sarinah Bakal Ekspansi Bisnis di Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, pihaknya tertarik untuk berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru.

"Kami memang berencana ekspansi ke sana. Kalau memang benar (ibu kota pindah ke Kalimantan Timur), ya, kami juga ingin hadir dan berkontribusi di sana," tuturnya usai acara Ngopi BUMN di Jakarta, Selasa (27/8).

Direktur Ritel Sarinah Lies Permana Lestari menambahkan, keputusan Sarinah untuk ekspansi ke Kalimantan memang sudah direncanakan satu tahun sebelum isu ibu kota pindah mencuat. "Kami memang akan buka outlet di Bandara Sepinggan, Balikpapan, sebelum isu ibu kota pindah ada. Sudah penjajakan dengan Angkasa Pura 2," ujar Lies.

Nantinya, gerai Sarinah di Bandara Sepinggan akan fokus menjual banyak kerajinan dan furniture. Alasan memilih bandara sebagai lapak tidak lain karena akses utama wisatawan mancanegara (wisman) adalah lewat bandara.

"Entrace wisman itu kan di airport, ya, jadi sekaligus kita mengenalkan juga produk-produk Indonesia ke mereka," tambah Ngurah. [idr]

Baca juga:
Erick Thohir Tunjuk CEO Dentsu Indonesia Maya Watono Jadi Direktur InJourney
Holding BUMN Pariwisata Harap PT TWC Kelola Taman Mini Indonesia Indah Mulai 2022
Erick Thohir Prediksi Total Aset Holding BUMN Pariwisata Tembus Rp260 Triliun di 2024
Jokowi Resmikan Holding BUMN Pariwisata: Momentum Bangun Kekuatan Besar
Jokowi soal Holding BUMN Pariwisata: Jangan Sampai Muncul Keribetan Baru
Menteri Erick: Program Makmur ke Depan Untuk Peternak dan Nelayan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini