Harga Cabai Masih Mahal, Konsumen Pilih Kurangi Pembelian

Minggu, 3 Juli 2022 09:42 Reporter : Sulaeman
Harga Cabai Masih Mahal, Konsumen Pilih Kurangi Pembelian Cabai merah. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Harga komoditas cabai di wilayah DKI Jakarta masih tinggi. Di Pasar PSPT Tebet, Jakarta Selatan, harga cabai rawit merah dijual Rp120.000 per kilogram.

"Rawit merah mahal, masih Rp140.000 per kilo dari biasanya Rp40.000 per kilo," ujar seorang pedagang bernama Lina kepada Merdeka.com, Minggu (3/7).

Selain cabai rawit merah, harga cabai merah keriting juga masih mahal mencapai Rp120.000 per kilogram. Angka ini melambung tinggi dari harga normal berkisar Rp35 ribu per kilogram.

Selanjutnya, harga cabai jenis TW juga masih tinggi mencapai Rp100.000 per kilogram. Padahal, saat normal, harga cabai TW hanya dibanderol Rp20 ribu per kilogram. Atas situasi tersebut, Lina mengaku mengalami penurunan pendapatan dibandingkan saat harga normal. Hal ini karena konsumen memilih untuk mengurangi jumlah pembelian.

"Pendapatan turun iya, karena pelanggan kita juga pembeliannya di kurangi gitu. Misal dari 5 kilogram menjadi 2 kilo," contohnya.

Dia pun berharap pemerintah dapat menstabilkan harga komoditas cabai maupun bahan pangan lainnya dalam waktu dekat. Hal ini demi melindungi daya beli masyarakat sekaligus meningkatkan omzet penjualan.

Hal senada diungkapkan seorang pembeli bernama Anggun yang memilih untuk mengurangi jumlah pembelian cabai untuk sementara waktu. Mengingat, kenaikan harga cabai saat ini dinilai amat memberatkan konsumen.

"Dulu masih bisa beli sekilo simpen di kulkas, pas harga normalnya Rp5.000 sampai Rp50.000 per Kg. Sekarang, nggak lagi. Beli di warung aja 5.000 sekali masak. Jadi yang Rp125.000 itu bisa dibagi bagi buat beli kebutuhan lain," bebernya.

Baca juga:
Kabar Gembira, Kemendag Sebut Harga Cabai dan Bawang Mulai Turun Bulan Depan
Gara-Gara Harga Cabai Mahal, BI Prediksi Inflasi Juni Capai 0,5 Persen
Ikatan Pedagang Pasar: Persoalan Cabai Mahal Kompleks dan Butuh Penanganan Serius
Harga Cabai Mahal, Mendag Zulkifli Singgung Demi Kesejahteraan Petani
Mendag Janji Tak Impor Cabai dan Bawang Merah Walaupun Harga Mahal
Mendag Zulhas soal Harga Cabai dan Bawang Merah Naik: Siklus Musiman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini