Gaji Orang Terkaya ini Lebih Kecil dari Karyawannya dan 40 Tahun Tak Pernah Naik

Jumat, 26 Maret 2021 06:00 Reporter : Merdeka
Gaji Orang Terkaya ini Lebih Kecil dari Karyawannya dan 40 Tahun Tak Pernah Naik Ilustrasi orang kaya. ©shutterstock.com/Minerva Studio

Merdeka.com - Anda pasti tak menyangka, kesuksesan Warren Buffett ternyata tak selaras dengan gaji yang diterimanya. Bahkan, gaji dia tidak pernah naik dalam 40 tahun. Padahal, CV Buffett sangat mentereng. Sukses membawa Berkshire Hathaway tampil sebagai salah satu perusahaan multinasional paling sukses di dunia.

Dikutip dari Market Insider, Rabu (24/3) US Securities and Exchange Commission (SEC) mengungkap Buffett mengantongi gaji hanya USD 100.000 atau setara Rp 1,4 miliar per tahun. Nilai ini bahkan belum berubah sejak dia masih menjabat di posisi yang sama pada 1980, atau sekitar 40 tahun lalu.

Begitupun di perusahaan lainnya, saat masih menjabat sebagai direktur di salah satu surat kabar terbesar di AS, The Washington Post, Warren Buffett diketahui hanya memiliki gaji dua kali rata-rata gaji tahunan direktur perusahaan di tahun 1990-an.

Sebelum akhirnya dia hengkang dari The Washington Post pada pertengahan 2011, yang juga diikuti dari beberapa perusahaan lainnya.

Sebagai orang nomor satu di perusahaan, Buffett diketahui terlibat langsung merekomendasikan besaran gaji yang ingin dia dapatkan, termasuk nominal untuk berbagai tunjangan.

Total kompensasi tertinggi yang pernah dia terima di Berkshire Hathaway adalah USD 525.000 sekitar Rp 7,5 miliar pada 2010, terdiri dari USD 100.000 gaji, USD 75.000 untuk biaya direktur dan USD 350.000 yang dialokasikan untuk biaya keamanannya.

Beberapa kalangan berpendapat, mungkin Buffett tidak memerlukan gaji besar. Sebab, dia memiliki kekayaan berlimpah dan termasuk salah satu orang terkaya dunia. Apalagi dia juga dikenal tidak hobi foya-foya, memiliki rumah sederhana, menggunakan mobil biasa, bahkan terbiasa sarapan di restoran cepat saji McDonald.

Sekalipun kerap dijuluki salah satu investor tersukses sepanjang sejarah, dia tidak diperlakukan spesial di kantornya. Dia tidak menggunakan mobil perusahaan, juga tidak pernah menggunakan pesawat perusahaan untuk kepentingan pribadinya.

Baca Selanjutnya: Gaji Bawahannya Lebih Besar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini