Faktor ini Buat Ekonomi Indonesia Tak Terpengaruh Signifikan Resesi Dunia

Selasa, 5 November 2019 13:32 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Faktor ini Buat Ekonomi Indonesia Tak Terpengaruh Signifikan Resesi Dunia Rosan Roeslani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, belum masuknya Indonesia dalam rantai nilai global (global value chain), di satu sisi memberi keuntungan. Hal tersebut menjadi alasan kenapa perlambatan ekonomi global belum berdampak besar bagi perekonomian domestik.

Sebagai informasi, Global Value Chain (GVC) adalah mata rantai produk atau bisnis yang menghubungkan sebuah produk dari penghasil, pengolah, distributor, hingga konsumen akhir dalam skala global.

Jika satu negara masuk dalam rantai nilai global, maka perekonomiannya akan terpengaruh oleh ekonomi global. Perlambatan ekonomi global akan menghantam kinerja perekonomian negara tersebut.

"Kayak Singapura, mereka sudah global value chain. Begitu ekonomi turun mereka turunnya sampai ke 0,0 persen sampai 0,1 persen. Kita di satu sisi pada saat ekonomi dunia turun kita turunnya tidak banyak," kata dia, di Jakarta, Selasa (5/11).

Namun, tentu ada dampak negatifnya. Sebaliknya, jika perekonomian menggeliat dan naik, Indonesia juga hanya sedikit meraup keuntungan.

"Saat ekonomi (global) meningkat, kita meningkatnya juga tidak banyak. Negara lain yang merupakan bagian dari global value chain pasti meningkat lebih banyak," ujar dia.

Karenanya, pemerintah diharapkan memanfaatkan kondisi saat ini untuk memperbaiki kesiapan Indonesia untuk terlibat dalam mata rantai global.

"Untuk memperbaiki kita manufaktur industri kita sebagai bagian dari global value chain. Jadi itulah kadang-kadang kalau (ekonomi global) turun sekarang, dibandingkan negara-negara lain kita masih relatif paling sedikit turun," jelas dia.

"Kita lihat India dari 7 persen sampai 5 persen. China sekarang, di 6,2 persen. Singapura sudah 0,1 persen. Kita relatif sebetulnya turunnya paling sedikit," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini