Erick Thohir Angkat Suara Soal Holding BUMN Rumah Sakit

Kamis, 9 Januari 2020 17:57 Reporter : Anggun P. Situmorang
Erick Thohir Angkat Suara Soal Holding BUMN Rumah Sakit Erick Thohir. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, angkat suara mengenai holding BUMN rumah sakit. Menurutnya, pembentukan Holding tersebut agar badan usaha yang memiliki rumah sakit bisa fokus kepada bisnis utama.

"Ya strukturnya masih dibahas yang penting akan ada holding rumah sakit. Pemiliknya nanti para BUMN-BUMN yang punya rumah sakit. Gitu kan. Nah nanti ini bisa kita tingkatkan servisnya dan ekspertisnya," ujarnya di Kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis (9/1).

Dia melanjutkan, rumah sakit milik BUMN sejauh ini memiliki revenue sebesar Rp 5 triliun per tahun. Ke depan, apabila diholdingkan maka revenue tersebut bisa bertambah semakin besar.

"Rumah sakit BUMN sendiri punya revenue, kalau dikonsolidasikan sekitar Rp5 triliun revenue nya. Nah inikan cukup potensi sayang kan bisa difokuskan jadi ekspertis," jelasnya.

Ke depan, perusahaan BUMN tak lagi mengurus rumah sakit. Beberapa BUMN yang memiliki rumah sakit antara lain Pelni, Pertamina dan Pelindo. "Tidak perlu di bawah Pelni, Pertamina, Pelindo. Pelindo bisnisnya ada yang lebih pasti kok, perkapalan, pelabuhan dan lain-lain kok," jelas Erick.

1 dari 1 halaman

Tercatat di BEI

bei rev1

Dia menambahkan, holding rumah sakit akan melantai di Bursa Efek Indonesia, sehingga pengawasan kinerjanya bisa lebih transparan.

"Ya kan, salah satu metode supaya good coorporate governance daripada BUMN itu terjaga. Salah satunya dengan go public, kalau go public semua orang mengawasi tidak hanya kami, public, BPK, auditer yang bisa baik," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Strategi Erick Thohir Cicil Dana Nasabah Jiwasraya
Kebijakan Mengejutkan Erick Thohir Sepanjang 2019 Guna Benahi Perusahaan BUMN
Agus Tjahajana Jadi Komisaris Utama Holding Pertambangan Inalum
Penyelamatan Jiwasraya, Presiden Jokowi Resmikan Holding BUMN Asuransi Hari Ini
Bos Angkasa Pura II Dukung Ide Menteri Erick Thohir Gabungkan Anak Usaha BUMN
Presiden Jokowi Yakinkan Solusi Kasus Gagal Bayar Jiwasraya Sudah Ada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini