Ekonomi Pulih dari Dampak Pandemi, Jualan Produk UMKM Shopee Meningkat 6 Kali Lipat

Selasa, 9 Agustus 2022 14:25 Reporter : Yunita Amalia
Ekonomi Pulih dari Dampak Pandemi, Jualan Produk UMKM Shopee Meningkat 6 Kali Lipat Shopee Baru. ©Shopee

Merdeka.com - Roda perekonomian mulai berputar seiring pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19. Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menyampaikan, penjualan produk dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Shopee bahkan mengalami peningkatan enam kali lipat.

"Segi penjualan kita lihat akhir 2020 hingga pertengahan tahun ini sudah 6 kali lipat minimal," ujar Monica di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (9/8).

Meski telah masuk tren positif pada penjualan, Monica mengatakan masih banyak pelaku UMKM mengalami kendala pada penjualan berbasis digital. Salah satunya, membuat deskripsi sekaligus fotografi terhadap produk yang dipasarkan.

Untuk itu, imbuh Monica, Shopee Indonesia mengadakan kampus UMKM yang dapat menjadi fasilitas sekaligus wadah bagi para pelaku UMKM agar memasarkan produk mereka dengan menarik, baik dari sisi deskripsi ataupun gambar.

"Bagaimana penjual mendeskripsikan produk secara detil. Nanti dibantu jika tidak punya infrastruktur untuk foto," kata dia.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Layanan Kampus Shopee

kampus shopee rev1

Untuk diketahui, sejumlah fasilitas disediakan di Kampus UMKM Shopee Jakarta, mulai dari ruang pelatihan untuk pembelajaran mengenai konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan serta pengenalan tentang cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.

Tersedia juga fasilitas seperti ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten agar dapat memasarkan produk, dan juga fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang.

"Shopee hadir menjadi kawan setiap perjalanan UMKM lokal. Kita tidak berjuang sendiri kami mengajak semua untuk kontribusi mendukung produk UMKM lokal," kata dia.

[bim]

Baca juga:
Shopee Ungkap Kendala Pelaku UMKM Saat Go Digital
Bikin Postingan Kode Keras, Tissa Biani dan Dul Jaelani Siap Nikah Muda?
Raffi Ahmad Ungkap Cara Jadi Sultan dari Segala Sultan
Bergelimang Harta, Raffi Ahmad Bosan Jadi Sultan, Warganet Heboh!
Ketika Kaum Muda Unjuk Kreativitas di Citayam Fashion Week
Citayam Fashion Week: Magnet Subkultur Baru Muda Mudi di Jakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini