Dahlan idolakan Dalang Ki Entus dan Joko Edan

Kamis, 10 April 2014 07:59 Reporter : Nurul Julaikah
Wayang kulit Ki Dalang Enthus Susmono. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Belum lama ini dunia seni dan budaya Indonesia, khususnya pewayangan, kehilangan figur yang selama ini cukup berjasa mengangkat seni pewayangan di kancah internasional yakni Dalang Asep Sunarya. Wayang kini tidak asing lagi di Indonesia dan beberapa negara. Selalu ada yang mengagumi seni asli Indonesia ini.

Salah satunya Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengaku sebagai salah seorang pecinta wayang. Bahkan sejak kecil obsesinya menjadi dalang. Semua peralatan wayang dibelinya dengan harga mahal dari Dalang Ki Manteb.

Namun, hobi memainkan tokoh-tokoh pewayangan terhenti seiring dengan kesibukannya sebagai pejabat negara sejak 4 tahun lalu. Terpaksa, peralatan seni budaya jawa dibiarkan tergolek di rumahnya.

"Saya maen gamaelan itu karena terobsesi jadi dalang," ujar Dahlan di Surabaya, Rabu (9/4).

Dahlan mengakui ingin sekali menonton pertunjukan wayang Joko Edan dan Ki Entus. Selain menyukai dua dalang tersebut, pemilik JawaPos Grup ini mengagumi dalang Narto Sabdo, Ki Manteb dan Anom Suroto.

"Saya punya keinginan yang sampai hari ini belum terlaksana, nonton dalang Joko Edan. Saya pengen dengar, nanti waktunya diusahakan, dalam enam bulan terakhir pengen sekali nonton, katanya bagus sekali,"jelasnya.

Kekagumannya kepada dalang Entus bukan tanpa alasan. Karakternya sangat kuat dan ada kesan nakal yang identik dengan dalang asal Semarang, Jawa Tengah itu.

"Dan entus sekarang jauh lebih bagus, tidak sekedar nakal, tapi berkarakter. Nonton Entus terakhir 2 mnggu lalu di Wonosobo. Kalau pak Anom 1 bulan lalu di Surabaya," terangnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Dahlan Iskan
  2. Wayang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini