Cerita Eks Mendag Enggar Saat Ciputra Dirikan REI

Rabu, 27 November 2019 15:21 Reporter : Siti Nur Azzura
Cerita Eks Mendag Enggar Saat Ciputra Dirikan REI Enggartiasto Lukita. Yayu A©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan menteri perdagangan yang juga pernah menjadi Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Enggartiasto Lukita mengenang sosok konglomerat Ciputra saat mendirikan asosiasi yang menaungi para pengusaha properti di Indonesia, yakni REI.

"Beliau adalah pendiri dan ketua umum pertama dari REI. Diawali dengan mengumpulkan beberapa pengusaha, kalau tidak salah ada 32 pengusaha saat itu, dan dengan blessing dari Ali Sadikin (Gubernur DKI Jakarta kala itu), maka didirikan di Jakarta. Dan dengan mayoritas dari grup Jaya," kata Enggar saat dihubungi di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (27/11).

Menurut Enggar, sebagai pendiri sekaligus ketua umum REI pertama, Ciputra atau Pak Ci merupakan sosok demokratis yang tidak ingin menaruh kepentingan pribadi dalam berdirinya REI.

"Beliau sangat demokratis membuat asosiasi ini, yaitu ada komitmen bahwa hanya satu periode sebagai ketua umum. Dan itu terus berlanjut sampai sekarang. Hanya satu periode," imbuhnya.

Untuk itu, ketika dirinya maju sebagai Ketua Umum REI, Enggar meneladani komitmen tersebut dan terbukti hal itu dijaga sampai kepengurusan REI saat ini. Menurutnya, Ciputra merupakan sosok visioner dibalik pengembangan Bumi Serpong Damai (BSD), Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Beliau juga presiden Federasi Real Estate sedunia. Kebanggaan kita. Dan orang yang tidak pelit berbagi pengalaman. Dia sharing, cerita banyak soal itu," ujar Enggar.

Baca Selanjutnya: Penghormatan pada Ciputra...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini