Cerita Eks Mendag Enggar Saat Ciputra Dirikan REI

Rabu, 27 November 2019 15:21 Reporter : Siti Nur Azzura
Cerita Eks Mendag Enggar Saat Ciputra Dirikan REI Enggartiasto Lukita. Yayu A©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan menteri perdagangan yang juga pernah menjadi Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Enggartiasto Lukita mengenang sosok konglomerat Ciputra saat mendirikan asosiasi yang menaungi para pengusaha properti di Indonesia, yakni REI.

"Beliau adalah pendiri dan ketua umum pertama dari REI. Diawali dengan mengumpulkan beberapa pengusaha, kalau tidak salah ada 32 pengusaha saat itu, dan dengan blessing dari Ali Sadikin (Gubernur DKI Jakarta kala itu), maka didirikan di Jakarta. Dan dengan mayoritas dari grup Jaya," kata Enggar saat dihubungi di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (27/11).

Menurut Enggar, sebagai pendiri sekaligus ketua umum REI pertama, Ciputra atau Pak Ci merupakan sosok demokratis yang tidak ingin menaruh kepentingan pribadi dalam berdirinya REI.

"Beliau sangat demokratis membuat asosiasi ini, yaitu ada komitmen bahwa hanya satu periode sebagai ketua umum. Dan itu terus berlanjut sampai sekarang. Hanya satu periode," imbuhnya.

Untuk itu, ketika dirinya maju sebagai Ketua Umum REI, Enggar meneladani komitmen tersebut dan terbukti hal itu dijaga sampai kepengurusan REI saat ini. Menurutnya, Ciputra merupakan sosok visioner dibalik pengembangan Bumi Serpong Damai (BSD), Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Beliau juga presiden Federasi Real Estate sedunia. Kebanggaan kita. Dan orang yang tidak pelit berbagi pengalaman. Dia sharing, cerita banyak soal itu," ujar Enggar.

1 dari 1 halaman

Penghormatan pada Ciputra

Real Estate Indonesia (REI) memberi penghormatan atas berpulangnya pengusaha properti Ciputra. Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu dini hari tadi.

Kegiatan ini dilakukan di sela-sela acara Musyawarah Nasional (Munas) REI yang berlangsung pada 26-28 November 2019 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu (27/11).

Bentuk penghormatan diberikan dengan menggelar sesi mengheningkan cipta sekitar 1 menit. Proses mengheningkan cipta ini dipimpin oleh Menteri ATR/PPN Sofyan Djalil yang hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara tersebut.

Selain Menteri Sofyan, turut ikut memberikan penghormatan pada Ciputra di kesempatan itu Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid. [azz]

Baca juga:
Ciputra di Mata Erick Thohir: Tokoh Properti Hasilkan Banyak Karya
Kadin Sebut Ciputra Sosok Evolusi Industri Properti
Jejak Gemilang Ciputra di Taman Impian Jaya Ancol
Ciputra dan Rahasia Hidup Sehatnya hingga Usia 88 Tahun
Ciputra akan Disemayamkan di Ciputra Artpreneur
Jenazah Ciputra Diperkirakan Tiba di Jakarta Besok

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini