Beroperasi Maret 2019, ini cara pembayaran MRT Jakarta

Kamis, 26 Juli 2018 15:24 Reporter : Merdeka
Beroperasi Maret 2019, ini cara pembayaran MRT Jakarta MRT. ©2017 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono mengatakan tarif MRT Jakarta sebesar Rp 8.500 per 10 km. Nantinya, tersedia pilihan dalam bentuk tiket MRT e-money maupun pembelian secara QR Code lewat mobile application.

"Nanti akan ada tiket MRT, itu masih ada proses perizinan yang perlu ditempuh untuk bisa digunakan karena masuknya sebagai uang elektronik. Diharapkan bulan Agustus nanti akan tersedia," papar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (26/7).

Meski demikian, tiket MRT sedang dalam proses perizinan ke Bank Indonesia. Selain itu, uang elektronik milik pihak perbankan juga sedang pihaknya inisiasi untuk dapat dipakai sebagai alat pembayaran tiket seperti di moda angkutan Trans Jakarta.

"Kita lagi siapkan central clearing house system, nantinya ini pada waktu beroperasi orang bisa pakai kartu bank. Paling tidak ada empat bank yang paling banyak dipakai, Bank BUMN dan Bank BCA. Kita juga akan upayakan untuk bank lain seperti Bank DKI dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandara menjelaskan, bahwa aplikasi mobile yang pihaknya luncurkan dapat melayani pengguna untuk membeli tiket lewat rujukan QR Code.

"Tapi enggak cuma ada itu saja. Nanti mobile apps juga akan memungkinkan adanya informasi integrasi antar moda, seperti pemberian informasi dari rumah ke stasiun mau pakai apa. Selain itu juga ada jadwal MRT, termasuk untuk belanja di ritel-ritel yang ada di stasiun," ujar dia.

Diketahui, besaran tarif MRT berdasarkan acuan kemauan membayar atau willingness to pay masyarakat. Dengan penetapan tarif berbasis jarak tersebut, diharapkan sebanyak 65,5 persen pengguna jalan dapat beralih memakai transportasi publik dan 20 persennya bersedia membayar lebih.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini