Bekraf gelar Akatara untuk pertama kali, 'jodohkan' pembuat film dengan investor

Rabu, 15 November 2017 14:18 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ilustrasi bioskop. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Karramba Production

Merdeka.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah menyelenggarakan Akatara Indonesia Film Financing Forum untuk memfasilitasi akses permodalan antara pembuat film dengan investor. Sekitar 40 film dari 381 pendaftar berhasil terpilih dalam event ini. Nantinya para pembuat film akan mempromosikan proyek filmnya agar dilirik investor sehingga mereka dapat menamakan modal di proyek tersebut.

"Jadi forum ini kita buat pertama kali di Indonesia. Sebuah forum terbuka mempertemukan antara orang-orang yang punya ide-ide film proyek-proyek film dengan para penyandang dana, yang selama ini belum menyadari sepenuhnya bahwa ada proyek film yang bisa sangat menguntungkan," ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf kepada wartawan, di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Rabu (15/11).

Lanjutnya, event ini layaknya biro jodoh. Artinya jika investor tertarik maka mereka akan menanamkan modal di film tersebut. Dengan begitu belum bisa dipastikan apakah investor tertarik atau belum. Akan tetapi sudah ada 50 investor baik dalam maupun luar negeri pada event ini.

"Tapi ini kan match making, kita pertemukan pacaran gitu ngobrol, mau kawin atau mau pacaran doang atau mau pacaran dulu kawin nanti tahun depan atau perbaiki dulu proyeknya. Jadi ini dibutuhkan untuk chemistry antara pihak investor dengan pembuat film," jelasnya.

Menurutnya, saat ini banyak sekali orang kaya yang tidak tahu akan diinvestasikan ke mana uangnya. Padahal film adalah salah satu investasi yang menguntungkan. Terlebih lagi gairah film di Indonesia begitu luar biasa. "Jumlahnya penonton naik terus. bahwa di akhir tahun ini share penonton Indonesia sudah 40 persen. 60 persen masih film asing karena mereka memproduksi film bagus," katanya.

Triawan belum bisa memastikan berapa jumlah investasi yang terserap pada event ini. Dia juga tidak menargetkan jumlah tersebut. Tambahnya, Akatara ini rencananya akan digelar dua kali dalam setahun.

"Mau dua kali setahun. Tahun depan 2 kali, awal tahun sekitar April dan akhir," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini