Bantu Tangani Pandemi, Australia Beri Pinjaman ke Indonesia Rp15,49 T

Kamis, 12 November 2020 10:57 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bantu Tangani Pandemi, Australia Beri Pinjaman ke Indonesia Rp15,49 T Menkeu Sri Mulyani. ©Istimewa

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia mendapatkan pinjaman bilateral sebesar AUD 1,5 miliar atau Rp15,49 triliun dari Australia. Pinjaman ini diberikan Australia sebagai bantuan dalam pengelolaan fiskal di Tanah Air, sekaligus sebagai respon untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyadari kondisi pandemi saat ini memang tidak mudah. Namun di satu sisi instrumen fiskal menjadi salah satu kebijakan yang paling penting ketika masyarakat dan rakyat terpukul oleh pandemi Covid-19 baik di bidang kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

"Kami mendiversifikasi dan dukungan Australia memberikan pinjaman 1,5 miliar Dolar Australia untuk Indoensia salah satu dari jenis dukungan yang sangat kami hargai, benar-benar menyediakan ruang untuk pabrikan sekaligus menstabilkan risiko kami," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (12/11).

Dia mengatakan, melalui pinjaman bilateral tersebut pemerintah Indonesia tidak hanya dapat mengatasi Covid-19, membantu lini bisnis, hingga UMKM, tetapi yang terpenting juga menjaga keamanan dan kesinambungan ruang fiskal.

"Menghargai dukungan dari Australia dan berharap untuk pulih baik dari covid sehingga kita dapat melihat satu sama lain secara fisik," katanya.

Tak lupa, Bendahara Negara itu juga mengapresiasi atas komitmen dan kemitraan berkelanjutan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia. Menurutnya, di tengah kondisi pandemi Covid-19 penting sekali untuk melakukan kerjasama yang erat.

"Kemitraan semacam ini mendasari tidak hanya hubungan Australia-Indonesia yang sangat kuat, tetapi juga pemahaman sebagai negara tetangga sudah saling efektif memulihkan dan memperkuat (hubungan) karena kita tidak bisa sembuh sendiri dari pandemi ini," ujarnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Bentuk Holding Pariwisata
Di Pertemuan SBV-IMF, Menkeu Beberkan Program Perlindungan Sosial RI Saat Pandemi
Indonesia Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital Pulihkan Ekonomi Kawasan ASEAN
Menristek: Percepatan Pemulihan Ekonomi Harus Berbasis Pemanfaatan Teknologi
Sri Mulyani
Sri Mulyani

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini