Anggaran dipangkas, renovasi gedung kementerian BUMN ditunda

Kamis, 16 Juni 2016 16:03 Reporter : Sri Wiyanti
Anggaran dipangkas, renovasi gedung kementerian BUMN ditunda gedung BUMN. wordpress.com

Merdeka.com - Anggaran Kementerian badan Usaha Milik Negara (BUMN) dipangkas sebesar Rp 95,077 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (R-APBNP) 2016.

Pemangkasan anggaran ini sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2016 mengenai penghematan dan pemotongan belanja Kementerian/Lembaga dalam APBNP 2016.

"Kegiatan yang dilakukan pemotongan tidak hanya terhadap anggaran yang non prioritas, namun terdapat beberapa kegiatan prioritas Kementerian BUMN yang juga dilakukan pemotongan," jelas Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Bambang menjelaskan, penghematan anggaran tersebut akan dilakukan untuk anggaran sisa lelang/swakelola, anggaran perjalanan dinas dan kegiatan rapat di luar kantor dan kegiatan lelang yang belum dikontrak. Pemangkasan anggaran juga dilakukan untuk kegiatan renovasi gedung serta sisa anggaran yang telah tercapai outputnya.

"Karena sebenarnya (renovasi gedung) mendesak untuk dilakukan tahun ini. Ini karena terkait aspek keselamatan," imbuh Bambang.

Pagu awal dalam APBN 2016 untuk Kementerian BUMN, Bambang memaparkan, sebesar Rp 345 miliar atau 27,56 persen dari total anggaran di APBN 2016. Dengan adanya pemangkasan anggaran dalam RAPBNP 2016 maka anggaran menjadi Rp 249,9 miliar.

"Program pembinaan BUMN dipotong 64,16 persen jadi Rp114,9 miliar. Dan program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis Kementerian BUMN dipotong 81,38 persen menjadi Rp134,9 miliar," tutupnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini