Ada Diskon Pajak, Masyarakat Diminta Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Jumat, 12 Maret 2021 15:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Ada Diskon Pajak, Masyarakat Diminta Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru pameran mobil. Maksim Toome / Shutterstock.com

Merdeka.com - Pemerintah dan regulator memberikan relaksasi pajak bagi pembelian kendaraan baru untuk meningkatkan konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dengan kebijakan tersebut, harga kendaraan baru turun hingga 20-30 persen dari harga yang ditawarkan.

Meski harga mobil turun, masyarakat diminta untuk tidak gelap mata. Langsung membeli kendaraan yang diinginkan mumpung turun harga.

Perencana Keuangan di Advisor Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyarankan agar masyarakat tidak tergiur harga murah saja. Lebih dari itu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kendaraan baru dengan cara kredit atau membeli tunai.

"Kebijakan itu bikin harganya berkurang 20-30 persen tapi saya pikir jangan buru-buru dulu, walaupun harganya murah," tutur Andy saat berbincang dengan merdeka.com, Jakarta, Jumat (12/3).

Dia menyarankan, bagi masyarakat yang memiliki dana terbatas atau memiliki dana lebih, sebaiknya memikirkan kembali untuk membeli kendaraan baru. Andy mengatakan membeli kendaraan baru bukan hanya sekadar sanggup membayar cicilan atau tidak. Lebih dari itu, harus memiliki anggaran yang cukup untuk kebutuhan operasional seperti bensin, tol, pajak tahunan hingga biaya perawatan.

"Kita pikirkan juga biaya operasional hari-hari seperti bensin, parkir, tol. Jangan sampai mampu beli tapi karena tidak terpakai karena bensinnya boros atau uangnya habis untuk keperluan mobil," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Perhatikan Urgensi Beli Mobil...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini