6 Alasan Jokowi Getol Bangun Infrastruktur di Periode I

Kamis, 14 November 2019 14:36 Reporter : Merdeka
6 Alasan Jokowi Getol Bangun Infrastruktur di Periode I Jokowi bersama Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada 6 alasan mengapa dirinya semangat membangun infrastruktur di periode pemerintahan 2014-2019. Di antaranya, pembangunan infrastruktur harus sejalan dengan penciptaan lapangan kerja baru.

Selain itu, infrastruktur juga diharapkan dapat menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru selain di Jakarta atau pulau Jawa.

"Ketiga ialah harus ada perbaikan jaringan logistik kita. Negara ini terdiri dari 17 ribu pulau, harus ada pembangunan infrastruktur. Infrastruktur harus disambungkan ke sentra-sentra produksi," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/11).

Keempat, pembangunan infrastruktur harus menjadi penghubung untuk meningkatkan pelayanan publik ke masyarakat Indonesia.

"Karena apapun kalau sekolah tapi tidak ada jalan menuju ke sekolah bagaimana? Tidak ada jalan menuju puskesmas bagaimana? Dulu dari Wamena ke Duga makan waktu 4 hari 4 malam, sekarang cuman 4-5 jam saja. Itu karena infrastruktur," ujarnya.

Sementara, alasan kelima pembangunan infrastruktur bertujuan membangun peradaban baru. Sebagai contoh membangun karakter disiplin masyarakat saat mengantre di loket MRT.

"Membangun peradaban, budaya disiplin, budaya antre, itu kelihatan ada MRT dan LRT. Ke enam infrastruktur adalah keadilan sosial. Dengan fondasi ini kita bisa berkompetisi dengan negara-negara maju," kata dia.

Baca Selanjutnya: Maksimalkan Peran Swasta...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini