5 Sektor Industri Potensial Dorong Pertumbuhan Ekonomi Versi BI

Jumat, 9 Agustus 2019 11:18 Reporter : Merdeka
5 Sektor Industri Potensial Dorong Pertumbuhan Ekonomi Versi BI Gubernur BI Perry Warjiyo Soal Pertumbuhan Ekonomi. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ada 5 sektor yang perlu digenjot pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi RI. Pemerintah dinilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi untuk memanfaatkan momentum bonus demografi.

"Prospek ekonomi ada 5 sektor yang bisa dorong transformasi ekonomi. Garmen, food, otomotif, elektronik dan footwear (alas kaki). Kalau kita keroyokin ini bisa hasilkan devisa, dorong pertumbuhan ekonomi dan tingkatkan permintaan," tuturnya di Jakarta, Jumat (9/8).

Perry melanjutkan, pemerintah terus mengupayakan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kebijakan dan instrumen keuangan hingga struktural. "Misal dengan tourism. Kita dorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya yakin ke depan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus meningkat tembus 6 persen. "Tahun ini memang masih di bawah 5,2 persen, tapi within the next 5 year kita bisa tembus 6 persen," kata dia.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini