Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Resolusi dari pakar dunia untuk mendapatkan kenaikan jabatan di 2018

5 Resolusi dari pakar dunia untuk mendapatkan kenaikan jabatan di 2018 Ilustrasi naik jabatan. ©Shutterstock/Pressmaster

Merdeka.com - Memperoleh jabatan yang lebih baik merupakan hal yang diinginkan oleh semua karyawan. Beberapa karyawan mungkin merasa tidak beruntung dalam memperoleh promosi pada 2017. Namun demikian, tidak salah apabila ingin mencoba kembali mendapat promosi di 2018.

Untuk mendapatkan promosi, seseorang harus dapat mengatur rencana. Sebab, memperoleh promosi tidak terjadi secara instan, hal itu seringkali membutuhkan kerja keras dalam waktu yang cukup lama.

Memperoleh promosi jabatan juga tidak terlepas dengan komunikasi yang baik antara karyawan dan atasannya. Karyawan harus mengomunikasikan dengan atasan tanggung jawab dan kompensasi yang diperoleh apabila ingin mendapatkan promosi.

Berikut ini merdeka.com merangkum 5 hal yang dapat membantu karyawan memperoleh promosi jabatan di 2018 seperti dilansir dari CNBC.

Pintar dalam membawa diri

Menurut penulis dan kontributor CNBC, Suzy Welch, mengatakan untuk memperoleh kenaikan jabatan dengan cepat karyawan perlu cerdas dalam membawa diri dan dapat mengontrol penuh karir yang dimiliki saat ini.

"Kamu dapat menunjukkan karakteristik yang baik melalui suara, bahasa tubuh dan pakaian. Namun diantara itu semua, kamu harus nyaman dengan dirimu sendiri," ujar Welch.

Karakteristik yang yang berkelas merupakan campuran keseriusan, kedewasaan, perhatian dan kebijaksanaan. Sifat tersebut sulit dipalsukan dan diyakini dapat membuat atasan dan rekan kerja menghormati dan memberikan pertimbangan yang lebih besar.

Karyawan juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti menggosip, tidak mempersiapkan rapat dengan baik dan menginterupsi orang lain ketika rapat sedang berlangsung. "Belajarlah membiasakan kapan waktu yang tepat untuk bicara. Jika kamu tidak setuju dengan suatu hal lebih baik bertanya dengan sopan," jelasnya.

Membuat ekspektasi yang rasional

Seorang karyawan harus memiliki ekspektasi yang rasional mengenai jenjang karir yang akan diperoleh ke depan. Hal ini juga harus dikomunikasikan dengan atasan, apakah sebuah jabatan sudah laik diperoleh atau masih butuh waktu lebih lama."Pastikan dengan atasanmu bahwa kamu memiliki ekspektasi yang sama dan apa yang harus kamu prioritaskan," ujar chief human resources officer di CareerBuilder, Rosemary Haefner.Rosemary mengatakan seseorang perlu melakukan hal tersebut agar antara atasan dan karyawan menyadari porsi yang harus dilakukan oleh karyawan untuk menggapai suatu jabatan. "Anda tidak dapat mengasumsikan bahwa atasan Anda memahami jam kerja terkait dengan tugas. Membuatnya sadar, akan membantu menciptakan harapan yang sama," jelasnya.Jangan ragu untuk mengingatkan kembali agar memperoleh kepastian. Sebab, hal tersebut merupakan bentuk kerja sama tim dalam memperoleh pencapaian yang baik."Ingat hal tersebut merupakan kerja sama tim untuk menciptakan gol yang baik. Tentu dengan atasanmu sebagai pemimpinnya," jelasnya.

Menyusun daftar prioritas kerja

Investor and pengusaha properti Barbara Corcoran, Shark Tank, memiliki strategi simpel untuk memperoleh apa yang ingin diraihnya dalam karir. Salah satunya, mencatat tanggung jawab prioritas setiap hari."Di malam hari, saya mencatat apa saja yang akan saya lakukan, mencatat apa saja yang bisa dan tidak bisa saya lakukan pada hari tersebut. Saya mengelompokkan hal yang paling penting hingga hal yang paling tidak penting apakah A, b atau C," jelasnya.Menentukan daftar prioritas tersebut merupakan hal yang mudah dilakukan. Sehingga, seseorang tetap fokus pada apa yang akan dicapai dikemudian hari. "Jika kamu melihat beberapa daftar yang telah kamu buat, kamu dapat menghilangkan salah satu apabila kamu merasa hal tersebut kurang penting," jelasnya.

Membuat pengingat

Membuat pengingat merupakan suatu langkah agar seseorang yang menginginkan kenaikan jabatan tidak melupakan apapun. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memberi tanda di kalender pada tanggal tanggal tertentu."Pengingat dengan kalender merupakan salah satu hal yang penting, terutama jika kamu sibuk dan memiliki banyak tanggung jawab," ujar CEO J.P. Morgan Asset Management.Menandai hari hari penting juga membuatmu tidak lupa terhadap hal hal kecil. Contohnya, melakukan presentasi mengenai suatu proyek. Namun jika seseorang merasa tetap dapat mengingat semua agenda secara bersamaan dan tidak melupakan apapun maka langkah ini dapat dihilangkan.

Mengambil inisisatif menggarap proyek yang lebih besar

Apabila anda telah memenuhi pengerjaan suatu proyek tepat waktu dan konsisten menyajikan proyek besar, maka jangan takut untuk mengambil inisiatif. Sampaikan ide baru kepada atasan atau tawarkan untuk membantu proyek yang berbeda."Memperoleh promosi bukan hanya bagaimana melakukan tugasmu dengan baik. Itu mengenai bagaimana mengerjakan sesuatu di luar pekerjaanmu," ujar Penulis dan Kontributor CNBC, Suzy Welch.Jika ingin menunjukkan kepada atasan bahwa sebagai karyawan telah siap menghadapi langkah berikutnya, maka seseorang harus berani mengerjakan proyek yang lebih menantang daripada tanggung jawab yang dibebankan sebelumnya."Anda tidak hanya akan melakukan apa yang diminta dari anda dan apa yang diharapkan dari anda. Anda akan memperluas pekerjaan anda untuk membantu perusahaan serta membantu tim," tandasnya.

 

(mdk/bim)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Patut Dicoba! Cara Cari Kerja Lintas Jurusan Sekolah hingga Kuliah
Patut Dicoba! Cara Cari Kerja Lintas Jurusan Sekolah hingga Kuliah

Kementerian Ketenagakerjaan memberikan tips bagi lulusan baru atau fresh graduate mencari pekerjaan tapi beda jurusan.

Baca Selengkapnya
40 Kata-Kata Motivasi Mencintai Pekerjaan Penuh Makna, Patut Dipelajari
40 Kata-Kata Motivasi Mencintai Pekerjaan Penuh Makna, Patut Dipelajari

Dengan mencintai pekerjaan yang dimiliki, bukan tak mungkin akan muncul rasa puas dan apresiasi atas kerja keras diri sendiri.

Baca Selengkapnya
Seberapa Sering Harus Keramas? Ini Kata Ahli
Seberapa Sering Harus Keramas? Ini Kata Ahli

Banyak orang kebingungan menentukan jadwal rutin terbaik untuk keramas. Sebenarnya, seberapa sering sih kita harus keramas? Yuk, simak jawaban ahli ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pemerintah Perpanjang Bantuan Sosial Tambahan Hingga Juni
Pemerintah Perpanjang Bantuan Sosial Tambahan Hingga Juni

Pemerintah sedang mencari formula terkait kenaikan harga beras di pasaran.

Baca Selengkapnya
Kata-Kata Motivasi Kerja untuk Tingkatkan Semangat, Ketahui Peran Pentingnya
Kata-Kata Motivasi Kerja untuk Tingkatkan Semangat, Ketahui Peran Pentingnya

Motivasi kerja sangat penting dimiliki agar tak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

Baca Selengkapnya
Bintang di Pundak Bertambah, Ini Jabatan Mentereng Jenderal Lulusan Terbaik Angkatan Kasad Maruli
Bintang di Pundak Bertambah, Ini Jabatan Mentereng Jenderal Lulusan Terbaik Angkatan Kasad Maruli

Jenderal lulusan terbaik rekan seangkatan Kasad Maruli kini tambah bintang di pundak. Simak informasinya.

Baca Selengkapnya
Bersih-bersih Jelang Ramadan dan Lebaran, Ini  Hilangkan Jamur pada Pintu Kulkas Tanpa Disikat
Bersih-bersih Jelang Ramadan dan Lebaran, Ini Hilangkan Jamur pada Pintu Kulkas Tanpa Disikat

Untuk menyambut Ramadan dan Hari Raya, menjaga kebersihan kulkas agar makanan tetap segar menjadi sangat penting. Berikut adalah tips untuk membersihkannya.

Baca Selengkapnya
13 Faktor Ini Bisa Menghambat Kesuksesan, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?
13 Faktor Ini Bisa Menghambat Kesuksesan, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Perjalanan menuju kesuksesan nggak selalu mulus seperti yang dibayangkan.

Baca Selengkapnya
Jokowi Tetapkan Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 pada 14 Februari Jadi Libur Nasional
Jokowi Tetapkan Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 pada 14 Februari Jadi Libur Nasional

Tujuannya untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Baca Selengkapnya