5 Konglomerat Termuda dalam Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2022

Jumat, 9 Desember 2022 15:53 Reporter : Anisyah Al Faqir
5 Konglomerat Termuda dalam Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2022 Arini Subianto. ©Facebook/Arini Subianto

Merdeka.com - Forbes baru-baru ini merilis 50 orang terkaya Indonesia di tahun 2022. Berdasarkan usia, rata-rata orang kaya Indonesia berusia 50-70 tahun.

Dari deretan pengusaha kelas kakap ini ada beberapa pengusaha yang usianya masih dibawah 60 tahun. Misalnya, Ciliandra Fangiono menjadi konglomerat termuda Indonesia dengan usia 46 tahun.

Selain Ciliandra, Produser Film Manoj Punjabi yang usianya baru 50 tahun. Ada juga pengusaha Arini Subianto (51 tahun), Garibaldi Thohir (57 tahun) dan Haryanto (59 tahun.

Lantas berapa harta kekayaan para pengusaha muda ini? Berikut ini ulasannya:

1. Ciliandra Fangiono

Usianya baru 46 tahun, namun Ciliandra telah memiliki harta kekayaan sebanyak USD 2,2 miliar atau setara Rp34,34 triliun. Harta kekayaan tersebut menempatkan Ciliandra menjadi orang terkaya ke-20.

Ciliandra merupakan CEO First Resources, sebuah perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura. Meski perusahaanya ini ada di Singapura, namun Ciliandra memiliki perkebunan di seluruh Indonesia.

Keluarganya memiliki saham mayoritas di perusahaan, yang dimulai ayahnya Martias lebih dari dua dekade lalu. Sebelum bergabung dengan bisnis keluarga, Ciliandra bekerja di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura.

Dia adalah Sarjana Ekonomi Senior dan dianugerahi Hadiah Buku PriceWaterhouse saat di Universitas Cambridge. Pada tahun 2021 keluarga tersebut mengumumkan perusahaan perkebunan kelapa sawitnya FAP Agri, yang dikendalikan oleh kakak perempuan Ciliandra, Wirastuty.


2. Manoj Punjabi

Pemilik rumah produksi MD Picture, Manoj Punjabi menjadi orang terkaya ke-43 di Indonesia versi Forbes. Di usianya yang ke-50 tahun ini Manoj telah memiliki harta kekayaan USD 1,05 miliar atau setara Rp16,36 triliun.

Bersama ayah dan istrinya, Manoj menjalankan perusahaan film terbesar di Indonesia. Tahun 2018 lalu perusahaan ini telah melantai di bursa saham tanah air dengan IPO senilai USD 19 juta.

Belum lama ini juga Tencent, perusahaan hiburan asal China juga menanamkan membeli saham Manoj sebanyak 14,6 persen pada Oktober 2021. Kini Presiden Komisaris MD Picture tengah dikelola istrinya, Shania.

3. Arini Subianto

Forbes mencatat kekayaan Arini Subianto tahun ini sebesar USD 1,5 miliar atau setara Rp23,4 triliun. Nilai kekayaan tersebut menempatkan Arini di posisi ke 28 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Wanita usia 51 tahun ini mewarisi harta kekayaan ayahnya Benny Subianto yang meninggal pada 2017 silam. Sebagai putri sulung, Arini mengambil alih perusahaan pertambangan dari sang ayah yang saat ini nilainya triliunan.

Kini, Arini telah menjadi Presiden Direktur Persada Capital Investama yang menjadi perusahaan induk keluarganya.

Arini mengawasi investasi Persada di berbagai bidang. Mulai dari produk pengolahan kayu dan kelapa sawit hingga pengolah karet dan batu bara.

Saat ini portofolio Persada mencakup saham minoritas di raksasa batubara Adaro Energy. Tak hanya itu, Arini telah berinvestasi di startup teknologi melalui Persada sejak 2017 lalu.

2 dari 3 halaman

4. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir menjadi orang ke-15 terkaya di Indonesia. Walaupun usianya baru 57 tahun, harta kekayaan Boy Thohir ini telah mencapai USD 3,45 miliar atau setara Rp53,77 triliun.

Pada tahun 1997, Boy mendirikan perusahaan pembiayaan sepeda motor Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance). Perusahaan ini sekarang masih mendistribusikan sepeda motor Honda.

Saat ini, Boy merupakan CEO dan pemegang saham signifikan Adaro Energy, salah satu eksportir batubara terbesar di dunia. Kakak dari Menteri BUMN, Erick Thohir ini pertama kali mengakuisisi saham Allied Indocoal dalam usaha patungan dengan sebuah perusahaan Australia. Kemudian bersama mitranya, Boy membeli Adaro pada tahun 2005.

Selain itu, Boy memiliki saham di Operator telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia. Kini perusahaan tersebut bergabung dengan pesaingnya yang terdaftar di Indonesia Indosat pada Januari 2022.

3 dari 3 halaman

5. Haryanto Tjiptodihardjo

Haryanto Tjiptodihardjo menjadi orang terkaya ke-45 di Indonesia. Pada usia 59 tahun Haryanto telah mengumpulkan harta kekayaan sebanyak 1,02 miliar atau  Rp15,89 triliun.

Pengusaha manufaktur ini menjalankan perusahaan warisan sang ayah Handojo. Tahun 1981, Handojo mendirikan Impack Pratama Industri. Haryanto bergabung dengan perusahaan pada tahun 1986 setelah lulus dengan gelar MBA dari Universitas Woodbury di AS.

Berkantor pusat di Jakarta, perusahaan ini memproduksi bahan konstruksi berbasis polimer seperti atap, lantai, dan pipa. Ini juga mengoperasikan lokasi manufaktur di Australia, Malaysia, Selandia Baru dan Vietnam. [idr]

Baca juga:
Ini 3 Orang Terkaya di Indonesia Berasal dari Dunia Teknologi
Daftar Terbaru 20 Orang Terkaya di Indonesia, Segini Nilai Hartanya
Kisah Sukses Low Tuck Kwong Hingga Dinobatkan Jadi Orang Terkaya Nomor 3 di Indonesia
Fakta-Fakta Orang Terkaya dari Indonesia versi Forbes
Ini Satu-satunya Perempuan Indonesia Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini