4 Nasihat Keuangan Terbaik dari Sosok Ayah

Senin, 17 Juni 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
4 Nasihat Keuangan Terbaik dari Sosok Ayah Ilustrasi ayah dan anak. ©2012 Shutterstock/Golden Pixels LLC

Merdeka.com - Seorang pria pasti memiliki makna kehidupan tersendiri yang bisa membawanya menjadi sukses. Pelajaran-pelajaran ini pun biasanya akan diberikan kepada anak-anaknya untuk membantunya menemukan kesuksesan.

Berbagai staf CNBC memberikan pengalamannya tentang nasihat yang diberikan oleh ayahnya mengenai kesuksesan. Berikut 4 nasihat keuangan terbaik yang selalu diberikan oleh seorang ayah.

Ada perbedaan antara keinginan dan kebutuhan

Reporter Senior Keuangan, Kathleen Elkins bercerita ketika kecil, dirinya ingin memesan susu coklat dari restoran. Ayahnya pun berkata mengenai 'keinginan' dan 'kebutuhan' dalam hidup, dan susu coklat adalah keinginan. Lalu dia pun mengganti pesanannya dengan air es.

Seiring bertambahnya usia, dia belajar bagaimana memisahkan potensi pembelian yang lebih besar ke dalam dua kategori tersebut dan mengembangkan gaya hidup yang hemat, seperti ayahnya, berpusat pada kebutuhan, bukan keinginan.

"Tentu saja, selalu ada waktu dan tempat untuk minum susu cokelat. Kehebohan sesekali membuat Anda tetap waras. Saya hanya memastikan untuk menimbang pro dan kontra sebelum menghabiskan uang dan memastikan bahwa saya membelanjakan hal-hal yang benar-benar penting bagi saya," kata Elkins.

Hobi

Reporter Senior Keuangan, Megan Leonhardt mengatakan, ayahnya selalu sangat praktis tentang pendekatannya terhadap kehidupan, terutama dalam hal menemukan dan membangun karier yang sukses. Dia selalu mengatakan untuk menemukan karier yang dianggap menarik karena seseorang akan menghabiskan sisa hidupnya dengan melakukannya.

"Jika Anda memiliki hasrat yang tidak membayar, itu disebut hobi. Dia ingin kita bisa berdiri sendiri, dan berkat pelajaran kecilnya, kita berdua melakukan hal itu!"

Bicara sedikit dan banyak mendengar

Reporter Keuangan, Anna Hecht memberikan nasihat mengenai bicara sedikit dan banyak mendengar. Dia mendapatkannya dari ayahnya saat dirinya berusia 3 tahun. Hal ini juga tercermin dalam lirik lagu Alison Krauss berjudul Say When You Say Nothing At All.

"Satu baris mengatakan: 'Anda mengatakan yang terbaik ketika Anda tidak mengatakan apa-apa.' Kata-kata itu selalu mengingatkan saya pada kekuatan mendengarkan (daripada berbicara) dan dampak tindakan seseorang (daripada kata-kata mereka) dapat miliki pada orang-orang di sekitar mereka."

Passion penting, tapi gaji juga penting

Wakil Redaktur Pelaksana, Lindsey Stanberry mengatakan, ayahnya selalu berkata alasan seseorang dibayar untuk bekerja adalah karena pekerjaan itu sendiri. Dia selalu bersemangat tentang karirnya, dan Stanberry mendapatkan banyak dorongan dari ayahnya.

"Tetapi ketika pekerjaan menjadi sulit karena alasan apa pun, misalnya proyek tidak berjalan sesuai rencana, politik kantor menjadi rumit, Anda terlalu banyak lembur, saya selalu mengingatkan diri sendiri. Inilah sebabnya saya mendapat gaji." [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Keuangan
  2. Tips Sukses
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini