14 Prioritas pemerintah tahun 2013

Kamis, 16 Agustus 2012 21:08 Reporter : Yulistyo Pratomo
Pidato Kenegaraan DPR. rumgapres/abror rizki

Merdeka.com - Dalam pidato kenegaraan mengenai Nota Keuangan 2013 di Gedung DPR, PResiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan bahwa tahun ini visi pemerintah masih dalam koridor pro growth, pro job, dan pro environtment.

"Dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2013, sebagai pelaksanaan tahun ke empat dari RPJMN 2010-2014, pemerintah bersama-sama dengan DPR telah sepakat untuk menetapkan tema pembangunan nasional tahun 2013 yaitu 'Memperkuat Perekonomian Domestik bagi Peningkatan dan Perluasan Kesejahteraan Rakyat'," ujar dia, Kamis (16/8).

Tema pembangunan tersebut, lanjut SBY, menekankan pentingnya penguatan daya saing dan daya tahan perekonomian domestik untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Dengan tema tersebut, pemerintah dan DPR telah sepakat untuk menetapkan 11 prioritas nasional dan 3 prioritas bidang.

Ke sebelas prioritas nasional itu meliputi: (1) reformasi birokrasi dan tata kelola; (2) pendidikan; (3) kesehatan; (4) penanggulangan kemiskinan; (5) ketahanan pangan; (6) infrastruktur; (7) iklim investasi dan iklim usaha; (8) energi; (9) lingkungan hidup dan pengelolaan bencana; (10) daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan pasca-konflik; serta (11) kebudayaan, kreativitas, dan inovasi teknologi.

Sementara itu, 3 prioritas bidang mencakup: (1) prioritas bidang politik, hukum, dan keamanan, (2) prioritas bidang perekonomian, dan (3) prioritas bidang kesejahteraan rakyat. [rin]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden SBY
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.