10 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Jumat, 31 Juli 2020 06:30 Reporter : Merdeka
10 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bagi Pemula Ilustrasi mengatur keuangan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/baranq

Merdeka.com - Setiap orang pasti pernah merasa terjebak dalam siklus utang yang tak berkesudahan, atau merasa berpenghasilan terlalu sedikit untuk mempertahankan standar hidup yang diinginkan. Maka Anda membutuhkan pengelolaan keuangan.

Tak hanya untuk menghindari utang, pengelolaan keuangan juga bisa digunakan bagi Anda yang ingin menabung untuk tujuan keuangan seperti membeli rumah atau berinvestasi.

Ada banyak cara mengelola keuangan, dari yang mudah hingga yang sulit. Namun sebagai pemula, Anda tentunya membutuhkan cara yang mudah agar pengelolaan keuangan Anda bisa berjalan dengan baik.

Berikut 10 strategi untuk mengontrol keuangan bagi pemula, dilansir laman Thebalance.com.

1. Baca Buku Tentang Keuangan Pribadi

Jika Anda perlu bantuan dengan keuangan, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, cari kiat-kiat mengontrol keuangan dari buku yang ditulis oleh para ahli. Ada banyak buku di luar sana tentang mengendalikan keuangan. Mulai dari cara keluar dari utang hingga cara membangun portofolio investasi. Buku menawarkan cara yang bagus untuk mengubah pendekatan Anda dalam mengelola uang.

Jika Anda kesulitan menangani keuangan, maka kemungkinan besar perlu membuat anggaran. Rencana untuk cara membelanjakan uang setiap bulan yang didasarkan pada berapa banyak yang biasanya Anda hasilkan dan belanjakan. Anggaran adalah alat terbaik untuk mengubah masa depan keuangan.

Untuk memulai, tuliskan penghasilan dan semua pengeluaran, lalu kurangi pengeluaran dari pendapatan untuk menentukan pengeluaran yang kurang penting. Lacak pengeluaran selama sebulan, dan pada akhir bulan, tentukan apakah Anda terjebak dalam anggaran atau tidak.

Jika Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan, perbaiki anggaran Anda dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu atau menghasilkan lebih banyak. Terapkan anggaran yang direvisi pada bulan berikutnya untuk mulai hidup sesuai kemampuan Anda.

2. Kurangi Tagihan Bulanan

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengurangi pengeluaran tetap tertentu, seperti sewa atau pembayaran mobil, tanpa secara drastis mengubah gaya hidup Anda, Anda dapat mengurangi pengeluaran variabel, seperti pakaian atau hiburan, dengan menjadi fleksibel dan berpikir hemat.

Atau Anda bisa mengurangi konsumsi listrik untuk menurunkan biaya utilitas Anda, memilih penyedia yang berbeda untuk asuransi rumah atau jiwa Anda, atau membeli makanan Anda dengan diskon di toko grosir.

Baca Selanjutnya: 3 Berhenti Menggunakan Kartu Kredit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini