Sandy Walsh & Jordi Amat

Sandy Walsh & Jordi Amat Resmi Jadi WNI, Jadi Warga Pasar Minggu Siap Bela Timnas

Jumat, 18 November 2022 11:30 Reporter : Thomas Wardhana
Sandy Walsh & Jordi Amat Resmi Jadi WNI, Jadi Warga Pasar Minggu Siap Bela Timnas Sandy Walsh & Jordi Amat Resmi Jadi WNI. Instagram pssi ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua pemain naturalisasi Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menyandang status WNI setelah melakukan prosesi Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Momen tersebut sekaligus mengakhiri penantian keduanya untuk menjadi WNI dan siap membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Beberapa momen menarik menghiasi prosesi tersebut, salah satunya menjawab pertanyaan publik akan menjadi warga daerah mana keduanya? Simak informasi selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Sandy Walsh & Jordi Amat Jadi WNI

sandy walsh amp jordi amat resmi jadi wni

Instagram pssi ©2022 Merdeka.com

Sandy Walsh bersama Jordi Amat mengambil sumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Kamis (17/11/2022) siang WIB.

Sandy mengaku berterima kasih kepada semua pihak yang membantu perjuangannya untuk menjadi WNI selama bertahun-tahun.

"Saya bangga menjadi warga Indonesia. Menyanyikan lagu Indonesia Raya menjadi momen yang indah hari ini," ucap Sandy.

"Saya sampai menangis. Terima kasih banyak, Indonesia merdeka," tegas Sandy Walsh.

Sandy Walsh adalah pemain berdarah Belanda yang saat ini tampil di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen. Sedangkan Jordi Amat adalah pemain berdarah Spanyol yang saat ini bermain di Johor Darul Takzim Malaysia.

Sandy Walsh dan Jordi Amat akan menjadi pemain naturalisasi ke-36 dan 37. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang terekspose di publik.

3 dari 5 halaman

Jadi Warga Pasar Minggu, Jaksel

Guna proses pencatatan administrasi keduanya, setelah melangsungkan proses ucap sumpah keduanya langsung diantar ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Keduanya diarahkan untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Diketahui, Sandy & Jordi akan terdaftar sebagai warga Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

sandy walsh amp jordi amat resmi jadi wni
Instagram pssi ©2022 Merdeka.com

Tak berselang lama, keduanya tampak mengunggah foto saat memegang KTP dan diunggah di Instagram milik akun @pssi Kamis (17/11) lalu.

"Dalam pembuatan KK, KTP, dan paspor Indonesia, hari ini juga saya akan langsung mengantar kedua-duanya ke Dukcapil. Ingin supaya segera prosesnya selesai," kata Mochamad Iriawan.

4 dari 5 halaman

PSSI Urus Perpindahan Asosiasi ke FIFA

sandy walsh amp jordi amat resmi jadi wni
Instagram pssi ©2022 Merdeka.com

Meski telah menyandang status sebagai WNI, namun tak membuat Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa langsung bermain untuk Timnas Indonesia.

Mochamad Iriawan juga menyebut, PSSI akan melaporkan peresmian Jordi Amat dan Sandy Walsh sebagai WNI ke FIFA. Langkah itu dilakukan agar keduanya sudah bisa terdaftar sebagai pemain yang bernaung di bawah PSSI.

"Nantinya, ada surat kita ke FIFA tentang perubahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke Indonesia yaitu PSSI," ujar Iriawan.

"Mohon doanya agar proses ini cepat segera selesai. Sehingga mereka berkeinginan untuk cepat memperkuat Timnas Indonesia yang akan main di Piala AFF," tegas Iriawan.

5 dari 5 halaman

Proyeksi Untuk Timnas Indonesia

timnas indonesia di piala aff 2020

©PSSI

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat merupakan program proyeksi Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Tak hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat, PSSI juga mengajukan beberapa nama yang akan dinaturalisasi.

Salah satu pemain yang berkasnya sudah disetujui oleh DPR adalah Shayne Pattynama. Terdekat, nama Justin Hubner dan Ivar Jenner juga akan menyusul.

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini