Profil Lieus Sungkharisma, Aktivis Indonesia Meninggal karena Serangan Jantung

Rabu, 25 Januari 2023 12:18 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Profil Lieus Sungkharisma, Aktivis Indonesia Meninggal karena Serangan Jantung aktivis Lieus Sungkharisma. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Lieus Sungkharisma meninggal dunia pada Selasa malam karena sakit jantung. Lieus merupakan aktivis keturunan Tionghoa.

Dari informasi yang dihimpun, Lieus mengembuskan nafas terakhirnya di RS Pondok Indah, Bintaro, Tangerang Selatan.

Jenazahnya dimakamkan di Rumah Duka Heaven Pluit, Jakarta Utara. Simak profil lengkapnya dilansir dari berbagai sumber, (25/1/2023):

2 dari 4 halaman

Profil Lieus Sungkharisma

Aktivis keturunan Tionghoa ini lahir di Cianjur, Jawa Barat pada 11 Oktober 1959 dengan nama asli Li Xue Xiung. Lieus dikenal sebagai aktivis  cukup populer di Indonesia. Ia juga tercatat sempat menduduki berbagai jabatan penting di organisasi-organisasi besar. 

Lieus sempat menjabat sebagai Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI) dan Wakil Bendahara Depinas SOKSI (Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) periode 1986-1991.

Selain itu, ia juga pernah menjadi Ketua di DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaruan Indonesia) dan DPP KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia).

Kemudian, ia juga pernah dipercaya untuk menjadi Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabuddhi) pada tahun 1985 juga Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta.

Terakhir, Lieus pernah menjadi Ketua Umum Multi Culture Society, sekaligus Wakil Presiden The World Peace Committee.

Baca juga:
Saus Mentai untuk Aneka Hidangan Khas Jepang, Ini Kumpulan Resepnya
Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil dan Kendaraan Lain, Mohon Diberi Keselamatan
Doa Buka Puasa Rajab 2 Versi, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya untuk Dipahami
Pembelaan, Perkara Hukum yang Dihadapi, Ferdy Sambo: Ada yang Mencari Popularitas


3 dari 4 halaman

Pernah Ditangkap Makar

tiba di polda metro jaya
©Istimewa


Pada tahun 2019 lalu, Lieus pernah tersandung kasus di tengah kontestasi Pemilu Pemilihan Presiden. Ia ditangkap oleh Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar. Kasus tersebut bermula dari laporan seorang wiraswasta bernama Eman Soleman.

Namun, tak lama setelah ditangkap kuasa hukum Lieus, yakni Hendarsam langsung mengajuka penahanan atas kliennya. Pengajuan penangguhan penahanan tersebut langsung dikabulkan oleh Polda Metro Jaya.

4 dari 4 halaman

Meninggal Dunia

Lieus Sungkharisma menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro, Tangerang Selatan, pada Selasa (24/1) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Ia dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung.

Sosok Leuis sendiri ernah aktif mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) di Pilpres 2014, kemudian berbelok mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno saat Piplres 2019. Kala itu, Lieus dipercaya menjadi juru kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Baca juga:
Saus Mentai untuk Aneka Hidangan Khas Jepang, Ini Kumpulan Resepnya
Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil dan Kendaraan Lain, Mohon Diberi Keselamatan
Doa Buka Puasa Rajab 2 Versi, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya untuk Dipahami
Pembelaan, Perkara Hukum yang Dihadapi, Ferdy Sambo: Ada yang Mencari Popularitas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini