Polisi Baik Cari Orang di Jalan yang Hafal Teks Proklamasi, Ending-nya Tak Terduga

Selasa, 16 Agustus 2022 11:06 Reporter : Mutia Anggraini
Polisi Baik Cari Orang di Jalan yang Hafal Teks Proklamasi, Ending-nya Tak Terduga Polisi Baik Cari Orang di Jalan yang Hafal Teks Proklamasi. YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22). ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan Agustus menjadi momen berbahagia bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di bulan ini, masyarakat senantiasa memperingati hari kemerdekaan.

Membawa semangat perjuangan, seorang anggota polisi berikut ini mencari warga yang hafal teks Proklamasi. Berkeliling, ia pun menawarkan hadiah yang tak biasa.

Ada jutaan rupiah yang menanti para warga di sekitar lokasi. Berikut ulasan selengkapnya, dilansir dari kanal YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22).

2 dari 5 halaman

Polisi Cari Orang yang Hafal Proklamasi

Belum lama ini, sosok anggota polisi bernama Purnomo membagikan momen saat dirinya tengah menggelar aksi di jalanan. Bersama salah satu kawan, dia mencari warga yang mampu menaklukkan tantangannya.

Purnomo pun berusaha mencari satu orang yang mampu hafal teks Proklamasi. Berkali-kali mencari, dia pun tak kunjung mendapat target.

Kendati demikian, sang polisi tersebut pantang menyerah. Dia bersama sang kawan lanjut beraksi menelusuri jalanan.

polisi baik cari orang di jalan yang hafal teks proklamasi
YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22). ©2022 Merdeka.com

"Jadi hari ini kita patungan. Jadi kita akan kasih uang untuk orang yang khusus hafal Proklamasi. Ini kita cari orang sekarang," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Banyak Warga yang Tak Hafal

Berjalan tak jauh dari lokasi awal, Purnomo lantas mendapati beberapa warga yang tengah berkumpul bersama. Polisi tersebut seketika memanggil sejumlah warga.

Tanpa basa-basi, Purnomo mengungkapkan niatannya untuk memberi tantangan. Bagi siapa saja yang mampu hafal teks proklamasi, dia bakal mendapat hadiah uang sebesar Rp3 juta.

polisi baik cari orang di jalan yang hafal teks proklamasi

YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22). ©2022 Merdeka.com

"Hadiah tak kasih cash Rp3 juta, asalkan bapak hafal teks proklamasi. Hafal gak pak?" ungkapnya.

"Wah, gak. Tapi kalau Pancasila hafal," jawab salah satu.

"Ya enggak," tukas Purnomo.

 

4 dari 5 halaman

Ketemu Pria Sederhana Hafal Proklamasi

Gagal kembali, Purnomo pun menarik atensinya dari kedua pria di hadapannya. Sejurus kemudian, muncul satu sosok pria yang berusaha menjawab tantangan Purnomo kala itu.

Pria tersebut tak lain datang dari arah belakang kedua pria penantang sebelumnya. Dia pun bergegas mendatangi Purnomo, menyatakan diri mampu hafal teks proklamasi.

"Proklamasi pak? Saya coba, pak," tegasnya.

polisi baik cari orang di jalan yang hafal teks proklamasi
YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22). ©2022 Merdeka.com

"Sampeyan hafal? Sini coba. Ini, Anda pegang uangnya dulu," kata Purnomo.

Tanpa basa-basi, pria tersebut lantas menyebutkan teks proklamasi dengan tegas dan lantang. Tak terkira, dia pun mampu menuntaskan hingga akhir. Seketika, pria tersebut mendapat tepuk tangan serta apresiasi dari Purnomo beserta rombongan.

5 dari 5 halaman

Hadiah Bakal Dipakai untuk Nafkahi Keluarga

Purnomo langsung memberi hadiah berupa uang tunai senilai Rp5 juta. Gayung bersambut, pria tersebut seketika menerima hadiah dengan senyum lebar.

"Luar biasa. Ini hadiahnya, pak," terang Purnomo.

polisi baik cari orang di jalan yang hafal teks proklamasi
YouTube Purnomo Belajar Baik, Selasa (16/8/22). ©2022 Merdeka.com

Belakangan diketahui, pria tersebut tak lain bernama Haryono. Saat ditanya soal kegunaan hadiah, Haryono mengaku bakal memanfaatkan uang tersebut guna menafkahi keluarga.

"Kita ketemu sama seorang bapak bernama Haryono. Langsung dapat (hadiah). Uangnya mau dipakai untuk apa?" tanya Purnomo.

"Belanja pak," jawabnya.

"Belanja apa?" tanyanya kembali.

"Menafkahi keluarga," ungkap pria tersebut.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini