Penuh Emosi, Irjen Ferdy Sambo Teriaki Bharada E "Kau Tembak Cepat"

Rabu, 31 Agustus 2022 09:14 Reporter : Mutia Anggraini
Penuh Emosi, Irjen Ferdy Sambo Teriaki Bharada E "Kau Tembak Cepat" Detik-Detik Penembakan dan Pembunuhan Brigadir J. ©Youtube/POLRI TV RADIO

Merdeka.com - Momen rekonstruksi pembunuhan Brigadir J membawa titik terang. Reka ulang adegan menunjukkan detik-detik menjelang Brigadir J meregang nyawa usai dieksekusi.

Salah satu momen tersebut ialah soal perintah Ferdy Sambo ke Bharada E. Dalam rekonstruksi tergambar, Ferdy Sambo meneriaki Bharada E untuk menembak Brigadir J.

Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Ferdy Sambo & Ajudan Berkumpul

Seluruh 78 adegan pembunuhan atas Brigadir J rampung pada Selasa (30/8) lalu di rumah dinas sang komandan, Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Polri pun lantas merilis rekap adegan rekonstruksi tersebut dalam sebuah video animasi singkat.

Dalam video animasi yang dirilis melalui kanal YouTube Polri TV Radio beberapa waktu lalu, Ferdy Sambo memanggil seluruh ajudan. Bharada E turun dari tangga menemui Ferdy Sambo. Keduanya terlibat perbincangan. Saat itu, Bharada E terlihat membawa senjata api di saku.

Pada adegan 61B, Bripka RR tampak menghampiri Brigadir J. Keduanya terlibat pembicaraan. Setelahnya, Brigadir J mengikuti Bripka R dari belakang masuk ke rumah dinas.

Brigadir J masuk ke ruang tengah bertemu Ferdy Sambo dan Bharada E. Ferdy Sambo terlihat berhadapan dengan Brigadir J. Ferdy Sambo beserta Bripka RR, Bharada RE, KM, sert Brigadir J berkumpul di dalam rumah dekat meja makan.

Momen tersebut pun diungkap berlangsung pada pukul 17.12 WIB.

irjen ferdy sambo teriaki bharada e quotkau tembak cepatquot
YouTube Polri TV Radio ©2022 Merdeka.com

"17.12 WIB: FS, RE, Y, RR, dan KM berkumpul di dalam rumah dekat meja makan," demikian dikutip dari keterangan video.

3 dari 6 halaman

Ferdy Sambo Emosi ke Brigadir J

Selang beberapa detik, Ferdy Sambo lantas meluapkan emosi ke Brigadir J. Hal tersebut diungkap saat Brigadir J berhadapan langsung dengan sang komandan.

Berdiri di bawah tangga dekat meja makan, Brigadir J lantas mendapat cacian dari Ferdy Sambo. Disebut, Brigadir J telah melakukan suatu hal hingga membuat Ferdy Sambo naik darah.

Tak segan, Ferdy Sambo menyebut Brigadir J sebagai sosok ajudan yang tega hingga kurang ajar.

irjen ferdy sambo teriaki bharada e quotkau tembak cepatquot
YouTube Polri TV Radio ©2022 Merdeka.com

"FS berkata 'Kamu tega sekali sama saya, kamu kurang ajar sekali sama saya'," demikian dikutip dari keterangan video.

4 dari 6 halaman

Ferdy Perintahkan Bharada E Tembak Brigadir J

Tak kuasa menahan emosi, Ferdy Sambo lantas memerintahkan Bharada E untuk langsung mengeksekusi Brigadir J. Saat itu, Brigadir J disebut sempat meminta ampun namun tak diindahkan Ferdy Sambo maupun Bharada E.

"FS teriak kepada RE 'Woy kamu tembak, kau tembak cepat, cepat woy kau tembak'," demikian dikutip dari keterangan video.

irjen ferdy sambo teriaki bharada e quotkau tembak cepatquot

YouTube Polri TV Radio ©2022 Merdeka.com

Bharada E menodongkan senjata ke Brigadir J. Bharada E maju dan Brigadir J mundur. Berdasarkan keterangan, tembakan dilepaskan sebanyak 3 hingga 4 kali.

"RE menembak Y sebanyak 3 atau 4 kali," demikian dikutip dari keterangan video.

5 dari 6 halaman

Brigadir J Jatuh ke Lantai

irjen ferdy sambo teriaki bharada e quotkau tembak cepatquot

YouTube Polri TV Radio ©2022 Merdeka.com

Tembakan Bharada E pun sontak membuat Brigadir J jatuh ke lantai. Posisinya, Brigadir J jatuh dekat tangga dengan telungkup.

"Y jatuh telungkup di samping tangga depan gudang," demikian dikutip dari keterangan video.

Seolah tak puas, Ferdy Sambo lantas melepaskan peluru ke tubuh Brigadir J yang terkapar. Sejumlah tembakan dilepaskan dalam jarak dekat.

Ferdy Sambo mencoba merekayasa pembunuhan seolah terjadi adu tembak antara Bharada E dan Brigadir J. Dia kemudian berjongkok di dekat jenazah Brigadir J. Mengarahkan tembakan ke arah dinding seberang tangga. Dia menaruh pistol ke tangan Brigadir J.

"FS menembak ke arah Y. FS menembak ke arah tembok tangga dan lemari untuk mengelabuhi seolah-olah terjadi tembak-menembak," demikian dikutip dari keterangan video.

6 dari 6 halaman

Rekonstruksi di Duren Tiga

Seperti yang diketahui, rekonstruksi digelar dengan melibatkan sejumlah pihak. Termasuk kelima tersangka yang melakukan reka ulang adegan di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga.

Tersangka pertama yang tiba di lokasi Putri Candrawathi. Kemudian Ferdy Sambo tiba dikawal Brimob sekitar pukul 09.45 WIB.

Tak lama setelah Ferdy Sambo, tiga tersangka yakni Bharada E, Bripka RR dan Kuat Maruf tiba di lokasi. Ketiganya datang memakai baju tahanan dan tangan diikat kabel ties sekitar pukul 10.10 WIB.

Bharada E tiba didampingi pihak Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Para tersangka saat ini berada di dalam rumah pribadi Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo datang dengan mobil Brimob dan dikawal ketat sejumlah personel polisi. Sejumlah anggota Brimob langsung bersiaga di depan rumah Pribadi Irjen Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo menjalani rekonstruksi bersama Bharada E, Bripka RR, Kuat Ma'ruf dan Putri Candrawathi. Ini pertemuan perdana Ferdy Sambo dan Bharada E usai ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan berencana Brigadir J.

 

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini