Muamalah Adalah Interaksi Manusia Sesuai Syariat, Pahami Jenis dan Tujuannya

Sabtu, 24 April 2021 10:09 Reporter : Mutia Anggraini
Muamalah Adalah Interaksi Manusia Sesuai Syariat, Pahami Jenis dan Tujuannya Idul Fitri di berbagai belahan dunia. ©Reuters

Merdeka.com - Agama Islam mengajarkan begitu banyak hal mengenai kehidupan dan kematian melalui Alquran. Salah satunya yakni mengenai kehidupan dan hubungan antar manusia di muka bumi. Manusia diciptakan untuk saling berinteraksi dan membutuhkan satu sama lain. Sebagaimana dalam firman Allah yang berbunyi,

Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal.” (Q.S. Al Hujurat: 13).

Aturan mengenai interaksi sesama manusia ini lah yang kemudian disebut sebagai muamalah. Muamalah adalah contoh syariat Islam untuk memberikan rasa aman dan damai saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan orang lain.

Ada banyak jenis dari muamalah yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Lantas, sebenarnya apa muamalah itu? Simak ulasan selengkapnya mengenai muamalah, jenis, hingga tujuannya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Selanjutnya: Definisi Muamalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini