Mengenal Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris, Lengkap Disertai Contohnya

Kamis, 24 November 2022 11:03 Reporter : Mutia Anggraini
Mengenal Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris, Lengkap Disertai Contohnya Ilustrasi belajar bahasa Inggris. Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Mempelajari berbagai hal baru merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya yakni saat kita belajar bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, tentu terdapat banyak hal yang perlu dipahami. Selain kosakata dan tata bahasanya, bahasa Inggris juga memiliki sederet jenis kata yang berbeda-beda.

Di antaranya yakni kata kerja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah 'verb'. Kata kerja sendiri adalah kategori kata-kata yang menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, hingga pengertian dinamis lainnya.

Maknanya, kata kerja secara langsung menggambarkan sesuatu hal yang sedang dilakukan oleh subjek. Kata kerja pun juga memiliki beberapa jenisnya yang perlu dipahami. Setidaknya, kata kerja memiliki 10 jenis dengan karakteristiknya masing-masing.

Untuk memudahkan pemahaman Anda saat mempelajari jenis kata kerja dalam bahasa Inggris, ulasan berikut ini mungkin dapat menjadi salah satu referensi.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (24/11/22), berikut merdeka.com rangkum mengenai berbagai jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang disertai dengan contoh lengkapnya.

2 dari 9 halaman

Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

1. Regular Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang pertama yakni disebut dengan istilah Regular Verbs. Ciri-ciri dari jenis kata kerja yang satu ini biasanya ditulis dalam bentuk lampau baik berupa verb 2 hingga verb 3.

ilustrasi belajar

©2021 Merdeka.com

2. Irregular Verbs

Sementara itu, jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang kedua yakni disebut dengan Irregular Verbs. Sama halnya dengan jenis sebelumnya, Irregular Verbs menyatakan bentuk lampau dari sebuah kata.

Namun, kenis kata kerja ini secara tidak langsung merupakan kebalikan atau lawan dari Regular Verbs. Biasanya, Irregular Verbs ditulis dengan tidak berakhiran -ed atau -d selayaknya Regular Verbs.

3 dari 9 halaman

3. Action Verbs

Selanjutnya, jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang perlu diketahui ialah Action Verbs atau Dynamic Verbs. Istilah ini merujuk pada kelompok kata kerja yang berupa tindakan subjek terlihat oleh orang lain.

4. Stative Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris berikutnya yakni Stative Verbs. Istilah ini pun disebut berkebalikan dengan jenis kata kerja sebelumnya.

Stative Verbs cenderung menggambarkan situasi subjek yang mengandalkan perasaan. Misalnya, subjek dapat digambarkan dengan suka atau tidak suka, pendapat, hingga emosinya di dalam suatu kalimat.

4 dari 9 halaman

5. Transitive Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris berikutnya yakni Transitive Verbs. Jenis kata kerja ini lebih menggambarkan tindakan langsung oleh subjek kepada objek.

Tindakan tersebut dapat berupa bentuk noun, pronoun, hingga noun phrases kepada objek. Jenis kata kerja ini juga dapat digunakan dalam bentuk passive voice atau kalimat pasif.

bahasa inggris
© Kidsdailies.com

6. Intransitive Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang berikutnya yakni Intransitive Verbs. Intransitive Verbs adalah kelompok kata kerja yang cenderung berkebalikan dengan jenis sebelumnya.

Intransitive Verbs lebih tidak menerangkan tindakan langsung subjek kepada objek. Sehingga, kata kerjaya tidak diikuti oleh noun, pronoun, dan noun phrases.

5 dari 9 halaman

7. Helping Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang ketujuh yakni seringkali disebut dengan Helping Verbs. Helping Verbs adalah kata kerja bantu yang umumnya ditambahkan ke dalam kata kerja lain untuk membentuk kalimat sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Daftar kata kerja bantu (auxiliary verbs) yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris yakni sebagai berikut:

  • Be (Is, am, are, was, were, been, being)
  • Do, does, did
  • Have, has, had

8. Linking Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah Linking Verbs. Linking Verbs merupakan kelompok kata kerja yang menghubungkan antara subjek dengan keterangan.

Kata kerja ini tidak menggambarkan tindakan subjek namun cenderung mendeskripsikan identitas dari subjek itu sendiri. Biasanya, terdapat tiga kata kerja yang digunakan sebagai Linking Verbs yakni be, become, seem, appear, dan grow.

6 dari 9 halaman

9. Modal Verbs

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang selanjutnya yakni dikenal dengan istilah Modal Verbs. Modal Verbs merupakan kelompok kata kerja yang berfungsi sebagai kata kerja bantu untuk menunjukkan kemampuan, kemungkinan, hingga kebutuhan dalam sebuah kalimat.

ilustrasi belajar online
tefl.net

10. Infinitive and Gerund

Jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang berikutnya yakni Infinitive and Gerund. Gerund merupakan kata kerja (verb 1) yang umumnya diakhiri dengan imbuhan -ing.

Sementara Infinitive adalah kata kerja yang berperan untuk menjelaskan sebuah kata benda (noun), kata sifat (adjective), atau keterangan dalam sebuah kalimat. Sementara itu, formula dari Infinitive adalah to + verb 1.

7 dari 9 halaman

Contoh Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris Abjad A-F

1. Accept, Accepted, Accepted, Accepting: Menerima

2. Add, Added, Added, Adding: Menambahkan

3. Believe, Believed, Believed, Believing: Percaya

4. Bring, brought, brought, bringing: Meminjam

5. Care, Cared, Cared, Caring: Peduli

6. Come ,Came, Came, Coming: Datang

7. Decide, Decided, Decided, Deciding: Memutuskan

8. Draw, Drew, Drew, Drawing: Menggambarkan

9. Eat, ate, eaten, eating: Makan

10. Feel, Felt, Felt: Feeling Merasa

8 dari 9 halaman

Contoh Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris Abjad F-N

11. Find, Found, Found: Finding Menemukan

12. Guide, Guided, Guided, Guiding: Membimbing

13. Get, Got, Got, Getting: Mendapatkan

14. Hang, Hung, Hung, Hanging: Mengharapkan

15. Invite, Invited, Invited, Inviting: Mengundang

16. Join, Joined, Joined, Joining: Bergabung

17. Keep, Kept Kept, Keeping: Menjaga

18. Kick, Kicked, Kicked, Kicking: Menendang

19. Leave, Left, Left, Leaving: Meninggalkan

20. Meet, Met, Met, Meeting: Bertemu

21. Notice, Noticed, Noticed, Noticing: Mengetahui

9 dari 9 halaman

Contoh Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris Abjad P-Z

22. Pay ,Paid, Paid, Paying: Membayar

23. Qualify, Qualified, Qualified, Qualifying: Kualifikasi

24. Read, Read, Read, Reading: Membaca

25. Receive, Raced, Raced ,Racing: Balapan

26. Swim, Swam, Swum, Swimming: Berenang

27. Take, Took ,Taken, Taking: Mengambil

28. Use, Used, Used, Using: Memakai

29. Vanish, Vanished, Vanished, Vanishing: Menghilang

30. Work, Worked, Worked, Working: Bekerja

31. Yell, Yelled, Yelled, Yelling: Berteriak

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini