Kumpulan Doa saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Maknanya Sangat Mendalam

Selasa, 16 Agustus 2022 10:10 Reporter : Kurnia Azizah
Kumpulan Doa saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Maknanya Sangat Mendalam Ilustrasi Upacara Kemerdekaan 17 Agustus. Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap 17 Agustus. Saat perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), biasanya identik dengan upacara bendera.

Upacara biasanya dilaksanakan penuh hikmat, terlebih pada saat mengheningkan cipta, doa kemerdekaan, bahkan detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan.

Seperti upacara bendera pada umumnya, satu di antara susunan acara yang ada adalah pembacaan doa kemerdekaan oleh petugas untuk mengakhiri rangkaian upacara.

Naskah doa Kemerdekaan RI dilafalkan dengan tujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan. Doa kemerdekaan ini juga menjadi bentuk rasa syukur, memohon petunjuk untuk kemajuan negara, dan pertolongan. Hal itu agar warga Indonesia senantiasa damai, terbebas dari belenggu kesengsaraan, serta mampu menggapai cita-cita.

Berikut ini, sejumlah contoh naskah doa kemerdekaan untuk upacara 17 Agustus, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (16/8).

2 dari 6 halaman

Doa Kemerdekaan Arab dan Latin

ilustrasi berdoa
© pexels.com/Thirdman

Dalam naskah doa upacara 17 Agustus, biasanya akan disematkan sejumlah penggalan doa. Berikut ini sejumlah doa yang bisa Anda cantumkan di dalamnya, seperti dikutip dari bincangsyariah.com:

رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

Allahummaj'al hadzal balada aminaw wajnubni wa baniyya an na'budal ashnam.

Artinya:

"Ya Tuhanku, jadikan negeri ini negeri yang aman, jauhkanku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala." (Alquran Surat Ibrahim ayat 35)

Kemudian dilanjutkan dengan doa kemerdekaan, memohon agar bangsa Indonesia senantiasa memiliki pemimpin dan pemerintah yang amanah.

اللهم اجعل بلادنا بلدة طيبة ترضاها واجعل شعبنا شعبا صالحا طائعا لإرادتك واهد زعماءنا صراطك المستقيم وسهلهم لوفاء أماناتهم وعهدهم وصولا إلى الانطلاق لحياة شعبنا نحو مستقبلهم الزاهر

Allohumma ij’al biladana baldatan thoyyibatan tardhoha waj’al sya’bana sya’ban shālihan thā’ian li iradiatika wahdi zu’amaana shirothokal mustaqīm wa sahhilhum li wafai amānātihim wa ‘ahdihim wushulan ilal inthilaq li hayati sya’bina nahwa mustaqbalihimuz zahir

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah negeri kami sebagai negeri yang maju yang Engkau ridai. Jadikanlah bangsa kami sebagai bangsa yang saleh dan taat pada kehendak-Mu. Berikanlah petunjuk jalan yang lurus untuk pemimpin-pemimpin kami. Berikanlah kemudahan bagi mereka untuk menunaikan tanggung jawab dan janjinya (sebagai pemimpin) untuk keberhasilan kehidupan bangsa kami menuju masa depan yang cerah menjanjikan." [kur]

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Cara Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna, Pahami Pengertian dan Manfaatnya

3 dari 6 halaman

Naskah Doa Upacara 17 Agustus

upacara 17 agustus di istana negara
Upacara 17 Agustus di Istana Negara ©2021 Istimewa

الشَّاكِرِيْنَ حَمْدَ النَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِهِ وَ صَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, washalatu wassalamu ‘alaa sayyidil mursalin, wa ala alihi washohbihi ajma’iin.

Segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkaulah tempat kami memohon.

Kami berdoa kehadirat-Mu ya Allah.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh dan mengangkat tangan mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas karunia dan nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-77 tahun 2022, Engkaulah Maha Pencipta alam semesta ini. Oleh karena itu, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan beriman, dan hanya kepada-Mu pula kami bertawakal.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini, berikanlah kami inspirasi yang tak putus-putus untuk mengiringi langkah kami dalam menjadikan Indonesia maju, Indonesia yang mampu untuk memperkukuh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan serta berkarya tanpa batas, mampu mengungguli dengan bangsa-bangsa di dunia.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu,

Jadikanlah detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa kami dengan sepenuh jiwa, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Bukalah pikiran kami agar bijaksana memanfaatkan anugerah-Mu demi kejayaan negeri.

Lapangkan nurani kami agar senantiasa bersih dan suci dalam meraih kenikmatan. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

4 dari 6 halaman

Teks Doa Upacara 17 Agustus

ilustrasi berdoa
© pexels.com/Timur Weber

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan rida-Mu.

Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Jernihkan hati kami untuk memahami makna sejati memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan.

Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata.

Mantapkan langkah kaki kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Melindungi,

Di masa pandemi COVID-19 yang belum dinyatakan berakhir sampai saat ini, kami menyadari kelemahan dan kekurangan kami, oleh karenanya Ya Allah, dengan Qudrat dan Iradah-Mu, angkatlah wabah COVID-19 dari negeri tercinta ini, lindungilah bangsa dan negara kami dari keterpurukan akibat wabah ini, sehatkan dan kuatkan kami.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa-dosa ibu bapak kami, guru-guru kami, dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada kami, yang telah berjuang dengan tetesan keringat, darah dan air mata, karena kami tahu Engkau maha pengampun lagi maha penyayang.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Cara Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna, Pahami Pengertian dan Manfaatnya

5 dari 6 halaman

Teks Doa Upacara 17 Agustus oleh Kemenag RI

gladi resik upacara 17 agustus di istana

Gladi resik upacara 17 Agustus di Istana ©2012 Merdeka.com

Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus dengan menggelar upacara di Istana Kepresidenan dan seluruh wilayah di tanah air. Pada peringatan bersejarah ini, teks doa kemerdekaan di upacara 17 Agustus akan selalu dibacakan.

Berikut ini teks doa upacara 17 Agustus yang pernah diterbitkan Kementerian Sekretariat Negara yang biasa dibacakan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas:

Bismillāhirrahmānirrahīm. Alhamdulillāhirabbil ‘ālamin. Allāhumma shalli ‘alā Sayyidinā Muhammad wa ‘alā āli Sayyidinā Muhammad.

  • Ya Allah, ya Tuhan kami,

Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah. Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah. Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri sangat indah dan bangsa yang menyukai keindahan.

  • Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah,

Demi nama-nama agung-Mu Yang Maha Indah. Demi sifat-sifat suciMu Yang Maha Indah. Demi ciptaan-ciptaanMu yang serba indah. Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugrahMu.

Keindahan merdeka dan kemerdekaan. Keindahan hidup dan kehidupan. Keindahan manusia dan kemanusiaan. Keindahan kerja dan pekerjaan. Keindahan sederhana dan kesederhanaan.

Keindahan kasih sayang dan saling menyayang. Keindahan kebijaksanaan dan keadilan. Keindahan rasa malu dan tahu diri. Keindahan hak dan kerendahan hati. Keindahan tanggung jawab dan harga diri

  • Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami,

Kemampuan mensyukuri nikmat anugerahmu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridhai. Selamatkanlah jiwa-jiwa kami, dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami.

Kuatkanlah lahir batin kami, untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi, yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati kemanusiaan dan kemerdekaan kami.

Merdekakanlah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk diri kami sendiri. Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri kami.

  • Ya Nuuru, wahai Cahaya di atas segala cahaya,

Pancarkanlah cahayaMu di mata dan pandangan kami. Pancarkanlah cahayaMu di telinga dan pendengaran kami. Pancarkanlah cahayaMu di mulut dan perkataan kami

Pancarkanlah cahayaMu di hati dan keyakinan kami. Pancarkanlah cahayaMu di pikiran dan sikap kami. Pancarkanlah cahayaMu di kanan dan kiri kami. Pancarkanlah cahayaMu di atas dan bawah kami. Pancarkanlah cahayaMu di dalam diri kami.

  • Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya,

Agar kami dapat menangkap keindahan ciptaanMu dan meresapinya. Dapat menangkap keindahan anugerahMu dan mensyukurinya. Dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya.

  • Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya,

Agar kami dapat menangkap keindahan, kebenaran dan mengikutinya. Dapat menangkap keburukan, kebatilan dan menjauhinya. Agar kami dapat menangkap keindahan, kejujuran dan menyelaminya. Dapat menangkap keburukan, kebohongan dan mewaspadainya.

  • Pancarkan cahayaMu, ya Maha Cahaya,

Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami. Ya Allah, kami berdoa dengan menyebut nama-nama indahMu, seperti yang Engkau perintahkan. Maka kabulkanlah doa kami, seperti yang Engkau janjikan.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Rabbanā ātinā fiddunya hasanah, wafil ākhirati hasanah, waqinā adzābannār. Walhamdulillāhirabbil ‘alamin.

6 dari 6 halaman

Contoh Naskah Doa Upacara 17 Agustus dari Kemenag RI

aktivis upacara 17 agustus di setu tujuh muara
Aktivis upacara 17 Agustus di Setu Tujuh Muara ©2014 merdeka.com/arie basuki

Berikut ini contoh naskah doa upacara di hari kemerdekaan 17 Agustus yang sempat diterbitkan Kementerian Sekretariat Negara, yang kala itu dibacakan oleh Mantan Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa,

Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-(…).

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-(…) ini, berikanlah ridha-Mu yang tak terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih,

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan mereka dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Melindungi,

Di tengah wabah COVID-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, semakin menyadarkan kami, bahwa betapa lemah nya kami tanpa pertolongan-Mu. Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradat-Mu, mohon Engkau berkenan mengangkat wabah COVID-19 dari negeri Indonesia. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,

Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah.

Itulah beberapa teks doa upacara 17 Agustus di hari kemerdekaan yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menyusun doa kemerdekaan.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Cara Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna, Pahami Pengertian dan Manfaatnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini