Jenis Kabel UTP pada Jaringan Telepon & Komputer, Pahami Fungsi Serta Karakteristik

Rabu, 31 Maret 2021 10:19 Reporter : Kurnia Azizah
Jenis Kabel UTP pada Jaringan Telepon & Komputer, Pahami Fungsi Serta Karakteristik Ilustrasi pencurian kabel fiber optik. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Unshielded twisted pair (UTP) adalah jenis kabel tembaga yang digunakan dalam kabel telepon dan jaringan area lokal (LAN). Terdapat sembilan jenis kabel UTP yang disebutkan dengan awalan 'CAT'. Sesuai dengan karakteristik atau kategorinya, masing-masing mendukung jumlah bandwidth yang berbeda.

Alternatif untuk kabel UTP termasuk kabel koaksial dan kabel serat optik. Secara umum, sebagian besar perusahaan menyukai kabel UTP karena biayanya yang rendah dan kemudahan pemasangan.

Di dalam kabel UTP terdapat hingga empat pasang kabel tembaga bengkok. Dibedakan dengan diberi kode warna untuk memudahkan identifikasi, disebut twisted pair. Lalu tertutup dalam penutup plastik pelindung sehingga memudahkan Anda bila memasang sendiri.

Lebih jelasnya, berikut beberapa jenis kabel UTP pada jaringan telepon dan komputer, pahami fungsi serta karakteristiknya.

Baca Selanjutnya: Pengertian Kabel UTP...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini