Jangan Sepelekan, Begini Cara Memakai, Melepas & Membuang Masker yang Benar

Jumat, 20 November 2020 18:22 Reporter : Billy Adytya
Jangan Sepelekan, Begini Cara Memakai, Melepas & Membuang Masker yang Benar Ilustrasi masker wajah. ©Pexels

Merdeka.com - Ditengah kondisi virus corona atau covid-19 yang masih menjadi pandemi serta masalah berskala global, masyarakat perlu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Mengingat, virus mematikan ini amat mudah menular dari manusia satu ke yang lain.

Maka adanya protokol kesehatan guna mencegah penularan serta memutus rantai penyebaran covid-19 penting dilakukan. Salah satu protokol sehat yang sangat efektif adalah penggunaan masker apabila Anda sedang beraktivitas di luar rumah.

Tidak sembarangan, Anda harus mengetahui bagaimana cara yang benar dalam mengenakan, melepas hingga membuang masker dengan benar. Berikut adalah cara memakai, melepas dan membuang masker yang berhasil Merdeka.com kutip dari covid19.go.id:

1. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%).

2. Ambil masker dan periksa apakah ada sobekan atau lubang.

3. Pastikan arah masker sudah benar (pita logam terletak di sisi atas).

4. Pastikan sisi depan masker (sisi yang berwarna) menghadap depan Letakkan masker di wajah Anda.

5. Tekan pita logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung, tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut, hidung dan dagu, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

6. Setelah digunakan, lepas masker, lepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian, untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.

7. Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan.

8. Bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker/cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%). [bil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini