Inovasi Usaha Kuliner di Tengah Pandemi, Bisnis Barbekyu Seru dan Aman di Rumah

Senin, 20 Desember 2021 18:20 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Inovasi Usaha Kuliner di Tengah Pandemi, Bisnis Barbekyu Seru dan Aman di Rumah Inovasi Usaha Kuliner di Tengah Pandemi, Bisnis Barbekyu Seru dan Aman di Rumah. Instagram/@bbq_dirumahaja ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun ini memang membuat banyak aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Keputusan pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga PPKM membuat masyarakat harus membatasi segala bentuk kegiatan yang bisa menyebabkan kerumunan.

Berbagai kegiatan mulai dari sosial, ekonomi, hingga pendidikan harus dibatasi guna menekan angka persebaran virus. Akibat pembatasan kegiatan itu, membuat seorang wanita asal Banjarnegara, Jawa Tengah bernama Annisa Nur Azizah memanfaatkan waktu luangnya untuk berbisnis.

inovasi usaha kuliner di tengah pandemi bisnis barbekyu seru dan aman di rumah
Instagram/@bbq_dirumahaja ©2021 Merdeka.com

Annisa, berhasil mengembangkan bisnis rumahannya selama pandemi dengan berjualan daging serta persewaan alat barbeku. Ia memulai usahanya sejak awal Covid-19 mewabah di Indonesia. Di mana pada saat itu, sekolah tatap muka mulai ditiadakan dan diganti dengan sekolah secara online.

Annisa yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang guru pun terpaksa harus melakukan kegiatan mengajar dari rumah selama berbulan-bulan. Dari situ lah muncul keinginannya untuk mencoba mencari aktivitas tambahan dengan berbisnis.

inovasi usaha kuliner di tengah pandemi bisnis barbekyu seru dan aman di rumah
Annisa owner @bbq_dirumahaja ©2021 Merdeka.com

"Jadi di awal pandemi saya WFH cukup lama kala itu siswa dan guru ga dibolehin masuk dan aktivitas masih amat dibatasi, sehingga sempat terbesit untuk mencari aktivitas lain.. Bermula dari hobi saya dan keluarga yang suka nge-grill/bbq di rumah karena merasa lebih puas dan cocok dengan bumbu BBQ buatan sendiri, dari situlah muncul ide untuk menjual daging beserta bumbunya agar anak-anak dan orang tua bisa ikut menikmati," kata Annisa kepada merdeka.com.

Di masa pandemi di mana semua aktivitas masyarakat serba dibatasi, bisnis paket barbeku rumahan yang ditawarkan Annisa banyak diminati oleh masyarakat. Sebab, kita bisa dengan mudah menikmati menu barbeku ala restoran tanpa keluar dari rumah.

"Kami juga menyediakan sewa alat grill dan layanan delivery order setiap hari. Sehingga di masa pandemi ini, bisa menjadi opsi untuk menikmati BBQ ala restoran bersama keluarga atau kerabat, diantar sampai ke depan rumah," ungkap Annisa.

Tak butuh waktu lama, bisnis dengan brand @bbq_dirumahaja milik Annisa pun bisa berkembang dengan cepat. Di hari biasa, Annisa bisa menjual sebanyak 10 sampai 50 kilogram daging per hari. Tak hanya itu, 30 set alat grill milik Annissa juga tak pernah absen dan selalu ludes disewa oleh konsumen setiap harinya. Permintaan pun meningkat menjelang hari-hari besar seperti perayaan lebaran hingga malam tahun baru.

inovasi usaha kuliner di tengah pandemi bisnis barbekyu seru dan aman di rumah
Instagram/@bbq_dirumahaja ©2021 Merdeka.com

Seiring dengan berlakunya masa transisi di era new normal, Annisa bahkan diketahui mulai mencoba untuk membuka gerai @bbq_dirumahaja untuk memenuhi permintaan pelanggan yang ingin menikmati barbeku di tempat. Dengan dibukanya gerai tersebut, sekaligus bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk orang lain.

Ide bisnis dari Annisa ini tentu bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi masyarakat Indonesia jika ingin mencoba untuk membuat inovasi bisnis di tengah pandemi. Sebab, adanya pandemi membuat para pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Jenis bisnis di masa pandemi yang dipilih juga harus disesuaikan dengan pola hidup new normal untuk bisa merambah pasar.

[khu]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini