Hedonisme Adalah Kesenangan Materi Sebagai Tujuan Utama Hidup, Kenali Penyebabnya

Rabu, 16 Maret 2022 10:58 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Hedonisme Adalah Kesenangan Materi Sebagai Tujuan Utama Hidup, Kenali Penyebabnya ilustrasi hedonisme. http://yogaommm.com/

Merdeka.com - Setiap manusia hidup dengan ideologi mereka masing-masing. Mereka juga akan menunjukkan yang diyakininya dengan melalui sikap dan gaya hidup. Salah satu ideologi yang banyak ditemukan di masyarakat yaitu hedonisme. Bagi sebagian orang, hedonisme kerap kali dikaitkan dengan suka menghamburkan uang, memiliki sifat boros dan hanya berpikir mengenai kesenangan dunia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme adalah pandangan yang menganggap kenikmatan dan kesenangan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Sebenarnya, hedonisme adalah kata yang berasal dari Bahasa Yunani yaitu 'hedone' berarti kegembiraan dan kenikmatan. Para ahli juga mengatakan hedonisme adalah konsep diri yang hanya dijalani berdasarkan gambaran pikiran.

"Pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup," kata salah seorang ahli Collins GEM (1993).

Lantas apa saja pengertian hedonisme adalah dari para ahli dan penyebabnya? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (16/3), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Hedonisme

Berikut pengertian hedonisme menurut beberapa kamus besar dan ensiklopedia:

a. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Hedonisme adalah pandangan yang menganggap kenikmatan dan kesenangan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

b. Ensiklopedia Britannica
Hedonisme adalah istilah umum untuk semua teori perilaku di mana kriterianya yaitu kesenangan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi rasa sakit dan kesenangan sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apapun yang dibuat untuk digambarkan oleh mereka.

3 dari 5 halaman

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

1. Sarlito Wirawan Sarwono (1989)
Hedonisme adalah konsep diri di mana gaya hidup yang dijalani seseorang sesuai dengan gambaran yang ada dipikirannya. Misalnya, seorang olahragawan umumnya akan memiliki gaya hidup sehat. Hal itu juga menjadi prinsip hidup dan bahkan saat menjalankannya membuat kesenangan tersendiri bagi mereka.

2. Susianto (1993)
Hedonisme merupakan pola hidup yang mengarahkan segala aktivitas untuk mencari kesenangan hidup. Aktivitas yang dimaksud berupa lebih banyak bermain, menghabiskan waktu di luar rumah, senang pada keramaian kota, gemar membeli barang yang kurang diperlukan hingga selalu ingin menjadi pusat perhatian.

3. Collins GEM (1993)
Hedonisme adalah sebuah doktrin yang mengatakan kesenangan merupakan suatu hal yang paling penting dalam hidup. Atau kata lain, hedonisme yaitu paham yang dianut oleh mereka yang hanya mencari kesenangan hidup saja.

4. Burhanuddin (1997)
Hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik dan sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Atau dengan kata lain, sesuatu yang hanya akan mendatangkan kesusahan, penderitaan dan tidak menyenangkan merupakan sesuatu yang dianggap dan dinilai tidak baik.

5. Levan`s & Linda (2003)
Hedonisme merupakan pola perilaku yang bisa dilihat dari aktivitasnya. Selain itu juga bisa diketahui dari minat ataupun pendapat yang selalu menekankan pada kesenangan hidup semata.

6. Benthem dalam Faqih (2003)
Pengertian hedonisme yaitu suatu dorongan individu untuk berperilaku dengan memegang prinsip kesenangan saja.

Baca juga:
Murid Lain Main saat Jam Kosong, Siswa ini Sungguh Mulia Justru Mengaji Alquran
Gaya Istri Doni Salmanan Saat Diperiksa Polisi, Tampil Cantik Outfit Serba Hitam

4 dari 5 halaman

Hedonisme Menurut Para Ahli

7. Suprana (2003)
Hedonisme yakni suatu pola hidup yang mengarahkan segala aktivitas hanya untuk mencari kesenangan hidup semata. Misalnya seperti lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, senang pada keramaian kota, lebih banyak bermain, kerap kali membeli barang mahal hanya untuk memenuhi kesenangan saja hingga selalu ingin menjadi pusat perhatian.

8. Sujanto (dalam Masmuadi, 2007)
Hedonisme berorientasi pada kesenangan di mana umumnya banyak ditemukan di kalangan para remaja. Khususnya mahasiswa.

9. Hirscman dan Halbroak (dalam Utami, 2008)
Hedonisme adalah kecenderungan konsumen terhadap budaya konsumtif yang menggunakan produk untuk memperoleh kesenangan duniawi. Atau untuk memperoleh pola hidup glamour yang berorientasi pada materi.

10. Kunto (dalam Putri, 2009)
Hedonisme berasal dari bahasa Yunani 'hedone' berarti kenikmatan dan kegembiraan. Sehingga hedonisme adalah suatu gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan. Orientasi hidup mereka akan selalu diarahkan pada kenikmatan dan menghindari perasaan yang tidak enak atau menyakitkan.

11. Ariani (2010)
Hedonisme adalah individu yang mempunyai keterlibatan tinggi dengan orang lain. Selain itu juga lebih menyukai kegiatan bersifat menyenangkan dibanding kegiatan sosial. Mereka juga tidak terlalu serius dan senang keramaian. Ciri kelompok ini mengarahkan aktivitas untuk mencapai kenikmatan hidup semata.

12. Mila (2013)
Hedonisme yaitu pola hidup individu yang menganggap kenikmatan materi sebagai tujuan utama untuk mencari kesenangan. Karakteristik hedonisme berupa kebendaan yang di ukur dengan harta yang dinilai dengan uang dan dengan uang tersebut individu mampu mencari kesenangan.

13. Salam (dalam Susanti, 2013)
Pengertian hedonisme adalah kesenangan (pleasure). Prinsip aliran ini menilai sesuatu dianggap baik apabila sesuai dengan kesenangan yang didapatkannya. Sebaliknya, sesuatu yang mendatangkan kesusahan, penderitaan atau tidak menyenangkan dinilai tidak baik.

5 dari 5 halaman

Penyebab Hedonisme

Menurut Amstrong, ada dua faktor yang mempengaruhi gaya hidup yaitu dari dalam diri dan luar individu. Adapun penyebab hedonisme dari faktor internal adalah sebagai berikut:

  1. Kepribadian
  2. Sikap
  3. Konsep diri
  4. Motif
  5. Pengalaman atau pengamatan
  6. Persepsi


Sedangkan, penyebab hedonisme dari faktor eksternal adalah sebagai berikut:

  1. Keluarga
  2. Kebudayaan
  3. Kelas sosial
  4. Kelompok referensi

Baca juga:
Murid Lain Main saat Jam Kosong, Siswa ini Sungguh Mulia Justru Mengaji Alquran
Gaya Istri Doni Salmanan Saat Diperiksa Polisi, Tampil Cantik Outfit Serba Hitam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini