Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari, Pasangan Suami Istri Wajib Tahu

Kamis, 25 November 2021 11:37 Reporter : Mutia Anggraini
Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari, Pasangan Suami Istri Wajib Tahu 10 ciri-ciri hamil awal. today.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Umumnya, gejala awal kehamilan tak banyak dirasakan oleh setiap pasangan suami istri. Bahkan, gejala awal kehamilan yang tak nampak membuat para wanita berkegiatan secara normal hingga ekstrem.

Terlebih, apabila hal ini merupakan yang pertama kalinya bagi seorang wanita untuk mengandung. Maka, gejala awal kehamilan menjadi sesuatu hal yang tak dirasakan sama sekali oleh sebagian besar wanita.

Padahal, gejala awal kehamilan tersebut dapat diamati sejak 1 minggu hingga masa-masa sebelum terlambat menstruasi. Berbagai gejala awal kehamilan tersebut bahkan seringkali dianggap sebagai sindrom menjelang masa menstruasi atau PMS.

Sebab, gejala dari masa-masa awal kehamilan tersebut memang kurang lebih mirip dengan tanda-tanda PMS. Memang terdapat banyak perubahan pada tubuh wanita saat mengalami gejala awal kehamilan.

Hal tersebut dapat terlihat pada bentuk payudara, sikap, hingga kondisi perut yang mulai nyeri dan kram. Nah, lantas apa saja sebenarnya berbagai gejala awal kehamilan yang perlu dipahami bagi setiap pasangan suami istri tersebut? Melansir dari berbagai sumber, Kamis (25/11/2021), berikut rangkuman selengkapnya untuk Anda.

2 dari 6 halaman

Gejala Awal Kehamilan Sebelum Terlambat Menstruasi

008 siti rutmawati
©collegecandy.com 

Gejala awal kehamilan sudah dapat diamati sesaat sebelum masa menstruasi. Adapun berbagai gejala awal kehamilan sebelum masa terlambat menstruasi tersebut yakni sebagai berikut,

  • Perubahan bentuk payudara
  • Sering mual dan muntah
  • Nafsu makan menghilang
  • Mood swing
  • Mudah lelah
  • Sering pusing
  • Sering buang air kecil
  • Konstipasi
  • Sensitif terhadap aroma tertentu
  • Munculnya bercak darah
3 dari 6 halaman

Gejala Awal Kehamilan 1 Minggu

Selain dapat mengamati kehamilan sebelum masa terlambat datang bulan, gejala awal kehamilan juga dapat terlihat pada saat baru menginjak 1 minggu. Adapun gejala awal kehamilan 1 minggu yang dapat dirasakan oleh seorang wanita yakni sebagai berikut,

1. Payudara Membengkak dan Sensitif

Gejala awal kehamilan berusia 1 minggu yakni bentuk payudara yang sedikit berbeda dari biasanya. Pada bagian ini, wanita akan merasakan sedikit payudaranya yang memiliki bentuk berbeda.

Saat kehamilan berusia 1 minggu, biasanya payudara akan lebih kencang dari biasanya. Selain itu, payudara juga dapat lebih sensitif jika disentuh.

ilustrasi hamil
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

2. Kram Perut

Selain itu, gejala awal kehamilan berusia 1 minggu yang kedua adalah munculnya kram perut. Pada usia kehamilan muda ini, para wanita akan mengalami perut yang terasa nyeri cukup hebat.

Gejala ini pun kurang lebih sama dirasakan wanita saat hendak mengalami masa menstruasi. Namun, gejala pada kehamilan satu minggu ini terasa lebih nyeri dengan kontraksi cukup kencang setidaknya setiap 5 menit sekali.

4 dari 6 halaman

3. Sakit Pinggang Bagian Bawah

Selain itu, para wanita juga dapat mengamati kondisi pinggang di bagian bawah. Saat terjadi kehamilan yang baru berusia 1 minggu, maka bagian tubuh yang satu ini juga akan terasa sakit dan nyeri.

Kemungkinan besar, gejala awal kehamilan yang satu ini akan terus berlanjut hingga usia kehamilan cukup matang menjelang persalinan. Namun, hal ini tidak semua ibu hamil mengalaminya. Setidaknya, sebagian besar wanita mengalami hal ini lantaran adanya penambahan berat badan hingga perubahan hormon di dalam tubuh saat hamil.

pinggang
© prevention.com

4. Perut Sering Merasa Kembung

Gejala awal kehamilan yang berikutnya yakni kondisi perut yang sering mengalami gangguan. Hal ini secara langsung dapat terasa seperti perut kembung hingga menyebabkan gangguan saat beraktivitas sehari-hari.

Namun, gejala ini sebenarnya cukup wajar terjadi pada ibu hamil di masa-masa awal. Sebab, hormon progesteron terjadi peningkatan sehingga akan menghambat proses pencernaan. Tak jarang, hal ini membuat perut terasa lebih begah dan membuncit karena gas yang tertahan di dalam saluran pencernaan.

5 dari 6 halaman

5. Timbulnya Jerawat

Sementara itu, gangguan pada kulit juga dapat menjadi gejala awal kehamilan yang dirasakan oleh sebagian wanita. Hal ini seperti munculnya jerawat yang datang secara tak terduga.

Selain jerawat, flek yang muncul di bagian wajah tertentu juga dapat terjadi selama fase awal kehamilan bagi sebagian wanita. Kondisi ini tak lain sebagai akibat dari peningkatan hormon setelah sel telur mengalami pembuahan oleh sel sperma.

di usia muda
© maltatoday.com

6. Sering Merasa Sembelit

Selain merasa kembung, saluran pencernaan juga terkadang mengalami beragam gangguan lainnya. Hal ini seperti sembelit yang dirasakan berulang kali oleh sebagian ibu hamil.

Gejala awal kehamilan yang satu ini terjadi karena timbulnya pergerakan usus yang mengeras akibat tingginya hormon progesteron. Kondisi ini tentu menghambat makanan melalui sistem pencernaan secara normal.

6 dari 6 halaman

7. Haus Secara Berlebihan

Gejala awal kehamilan yang berikutnya yakni rasa dahaga yang seringkali datang. Akibatnya, ibu hamil akan sering merasakan kehausan dan minum air secara lebih banyak.

Gejala ini dapat terjadi lantaran peningkatan volume darah di dalam tubuh setelah proses pembuahan. Selain haus, sebagian ibu hamil juga akan merasakan lapar yang hampir datang di setiap waktu.

ilustrasi ibu hamil minum susu
©Shutterstock.com/Ekaterina Shtern

8. Muncul Keputihan

Gejala awal kehamilan yang terakhir yakni munculnya keputihan dalam jumlah banyak. Selain itu, keputihan yang timbul juga terkadang memiliki bau dan warna yang berbeda dari biasanya. Keputihan ini tak lain berfungsi untuk melindungi sistem reproduksi ibu hamil dari infeksi dan melawan bakteri.

Untuk lebih jelasnya, beberapa gejala awal kehamilan tersebut dapat dikonsultasikan secara lebih lanjut kepada dokter kandungan. Dengan begitu, kehamilan tersebut dapat dipastikan secara medis dengan bukti yang lebih rinci.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini