Fungsi Paru-Paru sebagai Alat Ekskresi, Ini Ragam Kegunaan Lainnya untuk Tubuh

Rabu, 10 Agustus 2022 14:11 Reporter : Billy Adytya
Fungsi Paru-Paru sebagai Alat Ekskresi, Ini Ragam Kegunaan Lainnya untuk Tubuh ilustrasi paru-paru. healthvision.in

Merdeka.com - Fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi untuk mengeluarkan zat sisa berupa uap air. Namun sebenarnya fungsi utama paru-paru adalah sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Sistem pernapasan manusia diketahui ditunjang oleh kehadiran organ tubuh yang satu ini. Sistem ini tentu melalui proses yang bisa dibilang kompleks.

Proses pertukaran udara yang terjadi karena fungsi paru-paru berjalan dengan lancar. Ingin tahu ragam fungsi paru-paru? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (10/8).

2 dari 4 halaman

Sebagai Tempat Penyaring

Fungsi paru-paru yang pertama ialah sebagai tempat untuk menyaring darah kecil. Ini juga berfungsi untuk menyaring gelembung udara yang bisa memicu kondisi emboli paru. Emboli paru adalah penyumbatan aliran darah yang bisa mengganggu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pada nantinya.

Sebagai Alat Ekskresi

Fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi juga adalah kegunaan selanjutnya. Hal yang dimaksud di sini ialah berguna untuk mengeluarkan zat sisa berupa air dan karbon dioksida. Kedua zat tersebut dihasilkan karena adanya pertukaran gas saat respirasi atau pernapasan.

3 dari 4 halaman

Menampung Darah

Fungsi paru-paru selanjutnya adalah untuk menampung darah. Jumlah darah yang tertampung disesuaikan dengan kondisi tubuh. Fungsi paru-paru satu ini berguna ketika Anda menjalankan aktivitas fisik yang berat, misalnya seperti olahraga dan kegiatan berat lainnya.

Penyeimbang pH

Fungsi paru-paru juga bisa mengatur keseimbangan pH. Apabila karbon dioksida terlalu banyak, lingkungan dalam tubuh menjadi asam. Pada saat itulah akan terjadi, di mana paru-paru bisa mendeteksi dengan menambah ritme pernapasan agar karbon dioksida lebih cepat yang terbuang.

4 dari 4 halaman

Pelindung Organ Jantung

Salah satu fungsi paru-paru adalah menjadi pelindung organ jantung. Perlu diketahui jika paru-paru memiliki ukuran besar dan empuk sehingga bisa menjadi bantalan pelindung. Utamanya bagi jantung dari beragam bentuk benturan.

Mencegah Infeksi

Fungsi paru-paru berikutnya adalah mencegah infeksi. Hal itu karena paru-paru mempunyai banyak membran yang bisa mengeluarkan imunoglobulin A. Imunoglobulin ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan bisa menjaga fungsi paru-paru untuk melindunginya dari infeksi.

Membantu Berbicara

Sama dengan fungsi yang dimiliki oleh mulut, ternyata paru-paru juga berguna membantu Anda untuk berkomunikasi secara verbal. Karena tubuh memerlukan aliran udara supaya bisa melafalkan huruf tertentu. Paru-paru yang terganggu, maka aliran udara menjadi tak bisa lancar karena bisa mempengaruhi artikulasi ketika berbicara.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini