Fungsi Hipotalamus Bagi Tubuh, Memastikan Sistem Organ berjalan Stabil

Rabu, 29 Juni 2022 12:06 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Fungsi Hipotalamus Bagi Tubuh, Memastikan Sistem Organ berjalan Stabil Ilustrasi Hipotalamus. © OpenStax College

Merdeka.com - Fungsi hipotalamus sangat berguna bagi tubuh. Hipotalamus adalah bagian otak yang bertugas untuk memastikan dan mempertahankan semua sistem tubuh manusia berjalan dengan baik dan stabil.

Selain itu, hipotalamus juga berperan penting dalam mengeluarkan berbagai bahan kimia, termasuk hormon. Apabila hipotalamus mengalami gangguan, maka hormon yang ada di dalam tubuh akan ikut terganggu.

Sehingga bisa menyebabkan kondisi tubuh melemah. Hipotalamus sendiri sebenarnya merupakan bagian otak yang paling kecil. Meskipun demikian, fungsi yang dimilikinya sangat penting bagi tubuh.

Lalu, apa saja fungsi dari hipotalamus bagi tubuh? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman Alodokter dan berbagai sumber, Rabu (29/6/2022):

2 dari 8 halaman

Fungsi Hipotalamus

Meski merupakan bagian paling kecil di otak, hipotalamus memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh. Fungsi hipotalamus yang paling utama adalah mengontrol suhu tubuh, rasa haus, serta lapar.

Selain itu, bagian otak ini juga mengambil peran penting dalam berbagai proses sistem tubuh. Segala fungsi tersebut dilakukan oleh hipotalamus dengan bekerja sama dengan kelenjar pituitari.

Kerja sama ini menghasilkan berbagai hormon yang bisa membuat tubuh bekerja lebih baik lagi. Adapun fungsi penting hipotalamus untuk tubuh, seperti:

  • Suhu tubuh
  • Perasaan haus
  • Nafsu makan
  • Pengendalian berat badan
  • Mengatur emosi
  • Siklus tidur
  • Dorongan seks
  • Persalinan
  • Tekanan darah dan detak jantung
  • Pencernaan
  • Keseimbangan cairan tubuh
[khu]

Baca juga:
Apa Manfaat Hutan Bakau? Ini Penjelasannya dari Kementerian Kelautan & Perikanan
Arti Kata Karma Adalah Tindakan, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?
Tata Cara Puasa Dzulhijjah Sebelum Idul Adha Lengkap dengan Niat & Keutamaannya

3 dari 8 halaman

Contoh Cara Kerja Hipotalamus

Saat sistem dan bagian tubuh yang berbeda mengirimkan sinyal ke otak, mereka mengingatkan hipotalamus untuk setiap faktor yang tidak seimbang untuk ditangani.

Kemudian, hipotalamus merespon dengan melepaskan hormon yang tepat ke dalam aliran darah untuk menyeimbangkan tubuh.

Sebagai contoh, jika hipotalamus menerima sinyal bahwa suhu tubuh internal terlalu tinggi, artinya ia akan memberi tahu tubuh untuk berkeringat.

Sebaliknya, jika hipotalamus menerima sinyal bahwa suhu internal tubuh terlalu dingin, maka tubuh akan merespon dengan cara menggigil.

4 dari 8 halaman

Hormon yang Dihasilkan Hipotalamus

Untuk mempertahankan homeostasis, hipotalamus bertanggung jawab menciptakan atau mengendalikan banyak hormon. Bekerja sama dengan kelenjar pituitari, hipotalamus mengirimkan hormon penting ke seluruh tubuh.

Hormon-hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus

1. Hormon Antidiuretik

Hormon pertama yang dihasilkan oleh hipotalamus ialah hormon antidiuretik.
Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengatur
keseimbangan cairan dalam tubuh, manusia termasuk volume darah.

2. Hormon oksitosin

Hormon oksitosin berperan penting bagi manusia, terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena mempengaruhi sistem reproduksi.

Selain itu, hormon ini juga mampu mengendalikan rasa cemas serta membangun hubungan dan ikatan emosi ibu dan bayi dalam proses menyusui.

5 dari 8 halaman

3. Somatostatin

Hormon somatostatin adalah hormon yang sangat penting karena bekerja di sistem saraf pusat. Fungsi hormon somatostatin adalah untuk menghambat dan membatasi produksi hormon lain yang ada dalam tubuh.

4. Hormon pelepas hormon pertumbuhan

Hormon yang dikenal dengan growth hormone-releasing hormone atau GHRH ini adalah hormon yang sangat penting bagi manusia, terutama dalam masa pertumbuhan.

Hormon ini juga sangat penting bagi metabolisme orang dewasa serta merangsang pelepasan hormon pertumbuhan.

5. Hormon pelepas gonadotropin (GRH)

Gonadotropin-releasing hormone atau GRH adalah hormon yang berfungsi untuk melepaskan hormon yang berkaitan dengan fungsi reproduksi, seperti pematangan organ seksual dan juga pubertas.

6 dari 8 halaman

6. Hormon pelepas kortikotropin

Hormon ini berfungsi untuk mengontrol respon tubuh saat mengalami stres fisik maupun emosional. Selain itu, hormon pelepas kortikotropin juga bertanggung jawab untuk menekan kecemasan dan mengontrol nafsu makan.

7. Hormon Pelepas Tirotropin

Hormon dengan sebutan thyrotropin-releasing hormone (TRH) ini lebih berperan dalam merangsang produksi hormon tiroid untuk mengendalikan metabolisme tubuh, sistem kardiovaskular, perkembangan otak, kendali otot, serta kesehatan pencernaan dan tulang.

Baca juga:
Apa Manfaat Hutan Bakau? Ini Penjelasannya dari Kementerian Kelautan & Perikanan
Arti Kata Karma Adalah Tindakan, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?
Tata Cara Puasa Dzulhijjah Sebelum Idul Adha Lengkap dengan Niat & Keutamaannya

7 dari 8 halaman

Gangguan yang Dapat Menyerang Hipotalamus

Dilansir dari WebMD, ada beberapa gangguan hipotalamus, seperti:

1. Obesitas Hipotalamus

Cedera pada hipotalamus dapat menyebabkan masalah dengan rasa lapar. Gejala seseorang yang mengalami obesitas hipotalamus, seperti kenaika berat badan yang cepat dan berlebihan, metabolisme tubuh rendah, dan nafsu makan tidak terkendali.

2. Sindrom Kallman

Sindrom kallman hipotalamus menyebabkan tertundanya pubertas dan tidak adanya indra penciuman. Ini adalah kondisi genetik yang menyebabkan masalah dengan hipotalamus.
Gejala dari sindrom Kallman, di antaranya:

  •     Tidak adanya periode menstruasi
  •     Testis tidak turun
  •     Penis berukuran kecil
  •     Tidak ada atau payudara kecil
  •     Masalah pada ginjal
  •     Memiliki masalah pendengaran
  •     Bibir sumbing

3. Amenora Sekunder

Kondisi ini terjadi ketika seorang wanita berhenti menstruasi. Amenore hipotalamus fungsional juga dapat disebabkan oleh tumor otak.

4. Sindrom Prader-Willi

Kondisi genetik ini disebabkan oleh hipotalamus yang tidak bekerja dengan baik. Sindrom ini dapat menyebabkan cacat intelektual, pertumbuhan buruk, kegemukan, alat kelamin kecil, dan masalah perilaku.

8 dari 8 halaman

Bagaimana Jika Hipotalamus Mengalami Gangguan?

Sama seperti oragan tubuh lainnya, hipotalamus juga bisa mengalami gangguan hingga membuatannya sedikit kehilangan fungsinya. Kondisi ini sering disebut dengan disfungsi hipotalamus. Penyebab disfungsi hipotalamus bisa karena berbagai hal, diantaranya cedera kepala yang berat, radiasi, tumor otak, dan kanker otak.

Selain itu, beberapa hal ini juga dapat menurunkan fungsi hipotalamus, seperti infalamasi atau peradangan, gangguan kesehatan gizi, kelainan genetik, dan gangguan pembuluh darah. Gangguan pada hipotalamus terjadi ketika hormon yang diproduksi melebihi batas normal atau terdapat gangguan komunikasi pada sel otak.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala gangguan metabolisme, seperti masalah tumbuh kembang, siklus haid tidak teratur, atau gangguan tidur, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga:
Apa Manfaat Hutan Bakau? Ini Penjelasannya dari Kementerian Kelautan & Perikanan
Arti Kata Karma Adalah Tindakan, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?
Tata Cara Puasa Dzulhijjah Sebelum Idul Adha Lengkap dengan Niat & Keutamaannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini