Doa Murah Rezeki Agar Berlimpah dan Penuh Keberkahan

Selasa, 28 Juni 2022 13:13 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Doa Murah Rezeki Agar Berlimpah dan Penuh Keberkahan ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Merdeka.com - Doa murah rezeki bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Islam agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam mencari rezeki. Dalam Al-Quran surat Gafir ayat 60 Allah SWT bahkan berfirman akan kekuatan doa:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina".

Untuk itu, jika Anda berharap selalu mendapatkan keberkahan dalam mencari rezeki jangan ragu untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa-doanya:

2 dari 5 halaman

Doa Meminta Kemudahan Rezeki

Allaahumma innii as'aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir

Artinya: Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu.

Doa Kemudahan Mendapatkan Rezeki

Allahummarzuqnii rizqon waasi 'am bilaa ta'abiw walaa nashabin innaka 'alaa kulli syai in qodiirun

Artinya: Ya Allah, berikan lah rezeki kepada kami yang mudah dan tanpa lelah dan tanpa sulit, sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu. [khu]

Baca juga:
Panduan Pelaksanaan Kurban & Salat Idul Adha 1443 H Sesuai Surat Edaran Menteri Agama

3 dari 5 halaman

Doa Lancar Rezeki dan Terbebas dari Utang

Allaahumma ya ghaiyyu yaa mughnii aghinii ghinan abadan wa yaa 'aziizu ya mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allahu

Artinya: Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, beri lah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah.

Doa Dilimpahkan Rezeki

Nabi Sulaiman juga pernah meminta kepada Allah, agar dilimpahkan rezeki melalui doa. Doa tersebut terkandung dalam Qur'an surat Shod ayat 35:



قَالَرَبِّاغْفِرْلِيوَهَبْلِيمُلْكًالَايَنْبَغِيلِأَحَدٍمِنْبَعْدِي ۖإِنَّكَأَنْتَالْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb
Artinya:

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."

4 dari 5 halaman

Doa Minta Kelancaran Rezeki dan Usaha

 Allaahummaghfirlii warhamnii wahdinii wardzuqnii wa'aafinii wa'fu'annii, allahumma inni a'udzubika min dhiqir rizqiddunyaa wadiiqi yaumil qiyaamati walhamdulillahi rabbil 'aalamiin

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, berilah rezeki kepadaku, sejahterakanlah aku, dan maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesempitan urusan dunia dan kesempitan pada hari kiamat. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa Agar Dicukupkan Rezekinya

Hasbiyallaahu laailaahailla hua'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul 'arsyil azhiimi
Artinya: Allah telah mencukupkan padaku, tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri, Engkau Tuhan yang menguasai arasy yang besar.

Doa Memohon Kekayaan Harta

Allahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi'u yaa mu'iidu ya rahiimu yaa waduudu yaafa'aalu limaa yuriidu aghninii bihalaalika an haraamika wa bifadhilka 'amman siwaaka

Artinya: Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhanku yang menakdirkan dan yang mengembalikan, Yang Maha Kasih dan Maha Kasih Sayang, berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.

5 dari 5 halaman

Dzikir Pembuka Rezeki dan Juga Minta Dipermudah Segala Urusan

Dilansir dari NU Online, kiai keturunan Sunan Drajat, KH Abdul Ghofur, menyampaikan amalan untuk memperlancar rezeki. Bacaan zikir pembuka rezeki dan dipermudah segala urusan ini dapat dilafalkan sebagai pengiring doa.

Melafalkan zikir pembuka rezeki dan dipermudah segala urusan juga dinilai membawa kebaikan. Sebagian orang juga percaya, bahwa dengan berzikir akan membantu memudahkan doa mencapai langit.

Berikut adalah bacaan zikir pembuka rezeki dan dipermudah segala urusan yang disampaikan beliau:

Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil 'adzim, Astaghfirullah 100 X

Zikir tersebut sebaiknya dilafalkan sebelum atau usai salat subuh. Kemudian ada lagi bacaan zikir pembuka rezeki dan dipermudah segala urusan lain yang dapat Anda amalkan setelah salat maghrib. Berikut bacaannya,

Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil 'adzim 100 X

Sedangkan zikir untuk dipermudah segala urusan, bisa melafalkan bacaan berikut:

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin Abadan.

Artinya:
"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu)."

Dzikir ini dibaca sebanyak satu kali. Disebutkan bahwa Nabi SAW mengajarkan zikir ini pada Fathimah agar diamalkan pada pagi dan petang.

Baca juga:
Panduan Pelaksanaan Kurban & Salat Idul Adha 1443 H Sesuai Surat Edaran Menteri Agama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini