Doa Agar Haid Cepat Keluar dalam Islam, Ketahui Makanan Penunjangnya

Jumat, 30 September 2022 13:47 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Doa Agar Haid Cepat Keluar dalam Islam, Ketahui Makanan Penunjangnya Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Doa agar cepat keluar haid memang menjadi satu doa yang wajib diketahui oleh kalangan perempuan. Haid adalah siklus yang pasti dialami oleh perempuan yang sudah baligh. Haid terjadi setiap bulan. Akan tetapi tidak semua haid bisa keluar dengan lancar. Tidak lancarnya haid inilah yang menjadikan perempuan memanjatkan doa agar haid cepat keluar.

Ada beberapa hal yang menyebabkan haid susah untuk keluar. Secara umum, hal itu disebabkan karena stres, gangguan hormon, hingga pengaruh dari obat-obatan tertentu. Terlambatnya darah haid keluar biasanya akan membuat perempuan mengalami rasa sakit dan mood yang berantakan.

Dalam kondisi apapun di agama Islam, manusia diperintahkan untuk berdoa dan berusaha. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang doa agar haid cepat keluar menurut Islam, berikut cara supaya haid cepat keluar.

2 dari 5 halaman

Doa Agar Haid Cepat Keluar

Haid adalah siklus yang normal yang dialami oleh perempuan. Kondisi ini terjadi setiap bulan dan menandakan bahwa perempuan tersebut sedang dalam keadaan sehat. Akan tetapi jika telat haid, bisa dijadikan sebagai sebuah pertanda kehamilan maupun penyakit tertentu bagi seorang perempuan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW, Aisyah menyampaikan "Sesungguhnya darah haid itu merupakan perkara yang telah ditetapkan oleh Allah atas setiap wanita keturunan Nabi Adam AS." (HR. Muslim).

Melansir dari laman Fimela, dalam Islam dikenalkan beberapa doa agar haid cepat keluar. Jika Anda mengalami masalah haid yang tidak kunjung keluar, maka berikut ini adalah doa dan terjemahannya:

Allahumma Rabbannasi, adz-hibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifaa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

Selain itu, ada doa lain yang bisa Anda panjatkan agar haid cepat keluar. Doa ini adalah dari Al-Qur’an Surat Al Anbiya ayat 84. Berikut ini adalah doanya:

Robbi annii massani yadh-dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

3 dari 5 halaman

Makanan Penunjang Haid Cepat Keluar

rempah

© Shutterstock

Setelah mengetahui doa agar haid cepat keluar, selanjutnya hal lain yang juga penting untuk Anda ketahui adalah makanan penunjang haid cepat keluar. Melansir dari laman Hellosehat, berikut ini adalah makanan untuk mempercepat haid.

1. Kunyit

Pertama adalah kunyit. Kunyit merupakan jenis rempah-rempah yang ada banyak di Indonesia ini menjadi salah satu makanan yang dapat membantu Anda supaya cepat haid. Kunyit memiliki kandungan yang berguna untuk merangsang aliran darah di bagian panggul dan rahim wanita.

Kunyit juga dapat mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron sehingga dapat merangsang menstruasi.

2. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah segar yang juga perlu untuk Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi ketika mengalami masalah terlambat haid. Kandungan jahe bermanfaat untuk memicu kontraksi otot sehingga membantu mempercepat rahim melepaskan lapisannya. Tidak hanya itu jahe juga bisa membantu mengurangi nyeri ketika haid.

4 dari 5 halaman

3. Nanas

Selanjutnya, makanan yang dapat menunjang keluarnya haid dengan cepat adalah nanas. Nanas merupakan buah yang mudah sekali ditemukan di pasaran. Nanas memiliki kandungan bromelain, yaitu senyawa enzim yang dipercaya dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh, termasuk esterogen.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas dapat membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur. Jadi, pertimbangkan untuk mengonsumsi nanas ketika mengalami masalah telat haid.

4. Kacang Kedelai

Makanan selanjutnya yang bisa membuat Anda cepat haid adalah kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan makanan yang memiliki beragam olahan. Selain rasanya yang lezat, kacang kedelai juga bisa membantu Anda untuk mempercepat haid.

Kacang kedelai memiliki kandungan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan itulah yang dapat mempengaruhi kadar hormon estrogen pada wanita.

5 dari 5 halaman

5. Vitamin C

ilustrasi rempah rempah
Shutterstock/Africa Studio

Selanjutnya, makanan yang dapat Anda konsumsi untuk melancarkan haid adalah vitamin C. Vitamin C memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. 

Selain itu, di dalam vitamin C terdapat kandungan asam askorbat yang dapat meningkatkan kadar estrogen serta kontraksi rahim. Hal inilah yang membuat Anda bisa cepat haid ketika mengkonsumsi vitamin C.

6. Kayu Manis

Selanjutnya, makanan penunjang keluarnya haid adalah kayu manis. Kayu manis memiliki efek sensitivitas insulin pada penderita gangguan menstruasi. Jadi, dapat dikatakan bahwa salah satu manfaat kayu manis adalah untuk meningkatkan siklus menstruasi bagi perempuan yang mengalami masalah pada haidnya.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini