Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Anak

Kamis, 26 Maret 2020 12:47 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Anak Ilustrasi anak makan sereal. ©Shutterstock.com/Mircea Netval

Merdeka.com - Angka pasien virus corona di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Justru, angka pasien terus meningkat setiap harinya. Tidak hanya orang tua, anak-anak juga ikut menjadi korban keganasan virus Covid-19.

Demi terhindar dari infeksi virus corona, imunitas anak-anak harus selalu dijaga dan diperhatikan. Tidak mudah memang, namun siapa sangka sistem imunitas bisa picu oleh apa yang dikonsumsi oleh anak.

1 dari 6 halaman

Harus Penuhi Kebutuhan Harian

Dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, yang bertugas di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, memaparkan kebutuhan harian si kecil harus dipenuhi oleh orang tua. Tentu saja dengan memberikannya makanan bergizi dan berimbang.

makan

thehealthsite

Jadi makanan harus lengkap dan berimbang, papar dr. Caessar saat dihubungi redaksi Fimela.com.

2 dari 6 halaman

Makanan Mengandung Karbohidrat

Dikatakan sebelumnya, sistem imun tubuh sangat bergantung dengan apa yang dikonsumsi sang anak. Untuk itu, sangat penting menjaga asupan makanan terutama yang kaya akan nutrisi. Salah satunya mengandung karbohidrat.

002 siti rutmawati

www.dfitpt.com

Melansir dari Liputan6.com, Kamis (26/3), makanan mengandung karbohidrat sangat dibutuhkan oleh seseorang. Selain mampu menghasilkan energi, karbohidrat juga bisa meningkatkan sistem imunitas pada anak.

3 dari 6 halaman

Mengandung Protein

Tidak hanya itu, makanan kaya akan protein juga sangat bagus bagi anak-anak. Salah satu manfaatnya yaitu bisa membantu menjaga sistem imunitas pada anak. Bunda bisa mendapatkan protein dari unsur nabati maupun hewani, termasuk ayam.

ilustrasi daging ayam

Shutterstock

Selain protein, unggas seeprti ayam dan kalkun juga memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Melansir dari Liputan6.com, 3 ons daging ayam atau kalkun ringan mengandung 40-50 persen vitam B6 dari jumlah harian yang direkomendasikan.

4 dari 6 halaman

Sayur-sayuran

Kemudian, makanan yang bisa meningkatkan sistem imunitas anak adalah sayur-sayuran. Sebenarnya, tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa juga bisa mengonsumsinya dan mendapatkan manfaat yang sama.

macam sayuran

2020 Merdeka.com

Dari semua sayur-sayuran, dianjurkan untuk lebih mengonsumsi sayur bayam, brokoli hingga paprika merah. Sayuran tersebut dikenal mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Untuk itu, demi mencegah terinfeksi virus corona Covid-19 ada baiknya banyak mengonsumsi sayur-sayuran.

5 dari 6 halaman

Buah-buahan

Tidak perlu diragukan lagi, buah-buahan juga masuk ke dalam deretan makanan yang bisa meningkatkan sistem imunitas pada anak. Buah citrus dan pepaya bisa jadi salah satu andalan keluarga.

ilustrasi buah bernama binatang

Wikimedia Commons/Pixabay

Mengandung sejumlah vitamin yang sangat baik bagi tubuh membuat buah citrus dan pepaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, buah kiwi juga dipercaya mampu membantu sistem imunitas tubuh terutama pada anak-anak.

6 dari 6 halaman

Yogurt

Melansir dari Liputan6.com, yogurt mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Hal ini lantaran, yogurt memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi.

ilustrasi yogurt

Shutterstock

Namun, akan lebih baik jika mengonsumsi yogurt tanpa rasa dibanding dengan yang sarat akan gula. Tidak perlu khawatir, yogurt tersebut bisa diberi buah-buahan segar dan madu.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini