Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah dan Cepat

Kamis, 21 November 2019 16:46 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah dan Cepat Ilustrasi fotografi. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Ukuran file tentu menjadi salah satu syarat untuk mengunggah foto. Foto tentu sangat dibutuhkan untuk melamar kerja, mendaftar sekolah atau mendaftar perguruan tinggi. Sering kali ditemui kejadian gagal mengunggah file foto karena ukuran foto yang terlalu besar.

Salah satu cara untuk dapat mengunggah foto tersebut yaitu dengan mengecilkan ukuran foto. Berikut beberapa cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan cepat:

2 dari 4 halaman

Menggunakan Paint

rev3

Buka aplikasi paint seperti biasa, kemudian pilih foto yang ingin dikecilkan ukurannya. Kemudian pilih menu toolbar Resize.


Saat muncul box Resize dan Skew, pilih pixel yang diinginkan dan klik OK.


Tekan tombol CTRL+S untuk menyimpan foto yang sudah diatur ukurannya.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Handphone dengan Aplikasi Photo Compres 2.0

dengan aplikasi photo compres 20 rev3

Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menginstal aplikasi Photo Compres 2.0 di Playstore. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya.

Instal aplikasi Photo Compres 2.0 di Playstore.

Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan akan muncul dua opsi yaitu menampilkan gambar dari galeri atau kamera.

Pilih foto yang akan di kompers, kemudian lakukan proses kompres dengan memilih Custom Compress atau pilih Quick Compress.

Custom Compress akan mengompres dengan mengatur sendiri (manual sedangkan Quick Compress akan mengompres dengan settingan bawaan.

Agar lebih mudah, pilihlah Quick Compress dengan mengkliknya. Setelah proses selesai, akan muncul dua opsi save yaitu Replace and Exit serta Exit.

Replace and Exit akan menyimpan foto dan menggantikan foto asli, sedangkan Exit Foto akan tersimpan tanpa menggantikan foto asli.

4 dari 4 halaman

Menggunakan Photoshop

rev3

Photoshop tidak hanya dapat digunakan untuk design, tetapi juga dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto yang besar. Cara untuk mengecilkan ukuran foto di photoshop sangat mudah, yaitu :

Buka aplikasi Photoshop. Buka foto yang akan diedit dengan memilih Open pada menu File. Apabila foto telah tampil, save foto dengan klik Save As pada menu File.

Pilih format foto JPEG kemudian klik OK. Window JPEG Options harus dirubah beberapa settingannya. Pilih low pada opsi quality lalu tekan OK.


[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini