Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai dengan Strukturnya, Ketahui Jenisnya

Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai dengan Strukturnya, Ketahui Jenisnya Ilustrasi laptop. ©2012 Shutterstock/Dmitriy Shironosov

Merdeka.com - Cara membuat makalah bisa dibilang lumayan gampang-gampang susah. Sebab, kita harus selalu memperhatikan kaidah menulis makalah yang baik dan benar sesuai dengan strukturnya. Makalah sendiri merupakan karya tulis yang memuat pembahasan topik atau masalah tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah mempunyai dua makna. Pertama, makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Kemudian yang kedua, makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Lalu, bagaimana cara membuat makalah yang benar sesuai dengan struktur yang sudah ditentukan? Simak ulasannya dilansir dari laman gramedia dan berbagai sumber, Jumat (21/1/2022):

Manfaat Membuat Makalah

Jika disederhanakan lagi, makalah bisa diartikan sebagai sebuah karya tulis bersifat ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada suatu masalah tertentu. Di mana pembahasan tersebut sudah melewati proses penelitian, observasi, dan riset lapangan secara benar dan aktual.

Dalam penyusunan makalah, penulis diharuskan untuk menguasai materi penelitian. Secara tidak langsung, penulis harus aktif melakukan riset sumber yang bisa dijadikan bahan. Alhasil, penulis akan terus dilatih untuk berfikir dan fokus. Berdasarkan jenis kajian, makalah sendiri terdapat tiga jenis berbeda, di antaranya:

1. Makalah Deduktif yaitu makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas

2. Makalah Induktif yaitu makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan

3. Makalah Campuran yaitu makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian toritis dan data empiris. artinya makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Makalah Campuran

Sedangkan dalam makalah campuran terdapat enak kategori berbeda lagi berdasarkan subjek rumusan masalah yang dibahas, seperti: 1. Makalah Ilmiah Makalah ilmiah membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif.2. Makalah Kerja Makalah kerja merupakan makalah dengan kajian yang  diperoleh dari hasil sebuah penelitian. Isinya pun memungkinkan penulisnya berargumentasi dari permasalahan yang dibahas berdasarkan hasil penelitian dari penulis makalah. Artinya, makalah ini berisi opini subjektif. 3. Makalah Kajian Jenis satu ini merupakan makalah yang isinya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.4. Makalah Posisi Makalah posisi merupakan makalah yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur yang digunakan sebagai pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah5. Makalah Analisis Jenis makalah satu ini bersifat objektif-empiris. Artinya, merupakan makalah yang didapatkan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari penemuan, percobaan, dan pengamatan yang telah dilakukan.6. Makalah Tanggapan Yang terakhir ada makalah tanggapan, merupakan makalah yang sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.

Struktur Makalah

1. Cover Struktur makalah yang pertama ialah cover atau sampul. Cover ini memuat judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahu terbit. 2. Kata PengantarKata pengantar berisi kalimat umum agar pembaca memiliki pandangan terhadap makalah tersebut. Di dalam kata pengantar juga biasanya berisi sambutan atau ucapan syukur karena penulis telah berhasil menyelesaikan makalah tersebut. 3. Daftar IsiDaftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat sebuah informasi dari halaman dari sebuah konten dalam makalah atau daftar dari susunan informasi tentang halaman yang ingin dibaca.4. Bab I: Pendahuluan Setelah daftar isi, maka masuk ke Bab I dari makalah yang berisi tentang pendahuluan. Pada bab ini biasanya terdiri atas tiga sub-bab, yakni latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan makalah. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung.Kemudian, di bagian rumusan masalah Anda bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijelaskan di bagian pembahasan. Lalu, untuk isi tujuan masalah biasanya menggambarkan secara jelas manfaat dari makalah yang dibuat untuk para pembaca.

5. Bab II: Pembahasan

Di bagian pembahasan ini secara garis besar membahas dan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah. Di bagian isi ini akan menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh dari lapangan. Data yang diperoleh bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.6. KesimpulanKesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.7. SaranSaran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan.Saran sendiri biasaya berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.8. PenutupDi bagian penutup penulis biasanya menulis harapan untuk pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusinya untuk menyelesaikan makalah penelitian tersebut. 9. Daftar PustakaDaftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Dalam penulisannya, daftar pustaka ditulis secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

Cara Membuat Makalah

1. Tentukan Tema/Topik Pembahasan Langkah pertama yang harus dilakukan jika akan membuat makalah ialah menentukan tema atau permasalahan yang akan dibahas. Sebisa mungkin, pilihlah tema yang sekiranya bisa menguasai dan memiliki wawasan lebih tentang topik yang dipilih. Setelah menentukan topik, Anda bisa melanjutkan ke tahap memilih judul. Buatlah judul semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk membaca makalah yang Anda buat. 2. Kumpulkan ReferensiKemudian, mulai kumpulkan referensi-referensi yang terkait dengan judul. Referensi bisa di dapat dari membaca jurnal, buku, maupun wawancara dengan sumber terkait. Nantinya, data-data dari referensi itu dapat dimanfaatkan untuk membentuk kerangka rumusan masalah dan memperluas pengetahuan yang berhubungan dengan judul makalah atau topik pembahasan makalah.3. Tulis Makalah secara SistematisDalam menyusun makalah, sebaiknya dilakukan secara sistematis sesuai struktur makalah yang sudah dijelaskan di atas.Mulai dari bagian pendahuluan terlebih dahulu, fokus terhadap isi makalah yang kamu pilih temanya, kemudian tutup dengan kesimpulan yang jelas.4. Menyunting Makalah Setelah makalah yang dibuat selesai, jangan terburu-buru untuk mempublikasikannya. Penting untuk memeriksa isi makalah yang dibuat agar tidak ada kesalahan.Pada tahap ini penulis perlu melakukan pemeriksaan isi makalah terkait dengan ejaan, penggunaan kata, kalimat dan bahkan tanda baca. Pastikan juga tidak ada data yang kurang ataupun salah penulisan (typo). Anda juga harus memastikan makalah ditulis sesuai runtutan pedoman struktur makalah. Ciri-Ciri Makalah yang BaikSebuah makalah bisa dikatakan baik dan benar jika mengandung beberapa karakteristik seperti:

Merupakan hasil kajian literatur dan laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan pokok suatu bidang ilmu tertentu atau bahasan. Mendistribusikan sebuah pemahaman tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan seseorang dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan studi kasus yang ditelaah Menonjolkan kemampuan terhadap pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan dalam bab pembahasan. Isi makalah harus mempunyai sistematika yang baik sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang telah diatur oleh lembaga pendidikan terkait.

(mdk/khu)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

Baca Selengkapnya
Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari

Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari

Kumpulan contoh saran makalah beserta penjelasan lengkap yang mudah dipahami.

Baca Selengkapnya
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

Singkatnya, paragraf deskripsi merupakan sejumlah rangkaian kalimat yang ditulis dengan tujuan menggambarkan sesuatu hal tertentu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Contoh Kata Depan berdasarkan Jenis, Ketahui Aturan dan Kesalahan Umum Penulisannya

Contoh Kata Depan berdasarkan Jenis, Ketahui Aturan dan Kesalahan Umum Penulisannya

Kata depan adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata-kata dalam kalimat dan biasanya diletakkan sebelum kata benda, kata sifat, atau kata keterangan.

Baca Selengkapnya
Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya

Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya

Kerangka berpikir adalah suatu konsep atau struktur yang digunakan untuk mengorganisir, memahami, dan menganalisis informasi.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah Dipraktikkan

Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah Dipraktikkan

Cara mengatur spasi di Word mudah dipraktikkan. Spasi yang tepat akan memudahkan pembaca.

Baca Selengkapnya
Contoh Surat Izin Sekolah dan Struktur Penulisannya, Perlu Diketahui

Contoh Surat Izin Sekolah dan Struktur Penulisannya, Perlu Diketahui

Surat izin sekolah adalah dokumen hal penting yang perlu diberikan.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
Contoh Biodata Diri dan Cara Membuatnya, Perlu Diketahui

Contoh Biodata Diri dan Cara Membuatnya, Perlu Diketahui

Format penulisan biodata diri bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Selengkapnya