7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Senin, 2 Desember 2019 11:00 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental Ilustrasi yoga. ©Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati beberapa tahun belakangan ini. Yoga juga dikenal sebagai jenis olahraga meditasi yang berfungsi untuk menghilangkan stres. Selain itu, yoga juga dipercaya mampu membantu membakar kalori dan mencegah nyeri sendi.

Yoga sebenarnya merupakan olahraga kuno yang menyatukan antara tubuh dan pikiran. Menggabungkan antara meditasi, latihan pernapasan, dan beberapa pose yang dirancang untuk relaksasi dan mengurangi stres.

Ada beberapa jenis yoga yang bisa dilakukan seperti, hot yoga, ashtanga yoga, dan juga yin yoga. Pada dasarnya, semua jenis yoga sama saja bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, menenangkan pikiran, dan menghilangkan ketegangan tubuh. Selain menghilangkan stres, berikut beberapa manfaat yoga yang bisa di dapatkan :

1 dari 5 halaman

Meredakan Kecemasan

Mengutip dari healthline, yoga dipercaya mampu membantu mengurangi kecemasan. Beberapa orang juga mengatakan saat melakukan yoga mereka akan menemukan rasa damai yang dapat mengurangi kecemasan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung merupakan komponen penting dari keseluruhan. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Orang yang rajin melakukan yoga memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukan.

Tekanan darah yang tinggi, merupakan penyebab utama masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Dengan melakukan yoga, maka bisa membantu kita menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

2 dari 5 halaman

Melawan Depresi

Yoga juga mampu melawan depresi, hal ini dikarenakan yoga dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang memengaruhi kita merasakan depresi. Yoga memiliki efek anti-depresi yang dapat membantu melawannya.

3 dari 5 halaman

Meredakan Migrain

Yoga bisa dilakukan sebagai terapi tambahan untuk membantu mengurangi migrain. Hal ini dikarenakan yoga dapat menstimulasi saraf vagus, yang bisa membantu meredakan migrain.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk atau gangguan tidur biasanya dikaitkan dengan depresi dan gangguan-gangguan lainnya. Dengan rutin melakukan yoga, sebuah penelitian mengatakan dika yoga akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

4 dari 5 halaman

Membantu Meningkatkan Pernapasan

Salah satu jenis yoga yang disebut pranayama, merupakan jenis yoga yang berfokus untuk mengendalikan napas melalui teknik pernapasan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan. Meningkatkan pernapasan dapat membantu membangun daya tahan, mengoptimalkan kinerja, dan menjaga kesehatan paru-paru dan jantung.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Kualitas Hidup

Yoga juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Seperti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fungsi sosial, mengurangi gejala kecemasan dan depresi, meningkatkan kesejahteraan spiritual, dan banyak hal.

[khu]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini