7 Manfaat Wedang Ronde, Hilangkan Mabuk Hingga Cegah Risiko Serangan Jantung

Selasa, 31 Desember 2019 15:19 Reporter : Billy Adytya
7 Manfaat Wedang Ronde, Hilangkan Mabuk Hingga Cegah Risiko Serangan Jantung Wedang Ronde. ©2015 Merdeka.com/Astri Agustina

Merdeka.com - Manfaat wedang ronde bagi kesehatan memang belum banyak diketahui. Namun dibalik rasa nikmatnya meneguk satu cangkir, wedang ronde memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia.

Banyak yang menyangka bahwa ronde merupakan makanan Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa ronde ini ternyata merupakan makanan tradisional China dan mempunyai nama asli Tangyuan yang berarti reuni keluarga.

Kuah wedang ronde memiliki cita rasa manis sedikit hangat ketika ditelan karena terbuat dari rempah jahe. Sehingga ketika Anda mengonsumsinya akan membuat tubuh menjadi hangat. Wedang ronde akan semakin nikmat ketika dikonsumsi dalam cuaca dingin ataupun musim hujan.

Mampu membuat tubuh Anda hangat, wedang ronde memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber tentang manfaat wedang ronde untuk Anda:

2 dari 8 halaman

Hilangkan Mabuk

rev1

Manfaat yang bisa didapatkan ketika sedang mengonsumsi wedang ronde salah satunya adalah hilangkan mabuk. Keadaan mabuk membuat Anda merasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan.

Perpaduan rasa pusing dan mual membuat konsentrasi Anda terpecah, ini berbahaya untuk melakukan kegiatan apapun. Dengan mengonsumsi wedang ronde Anda dapat mengatasi keadaan tak nyaman ini. Kandungan jahe pada kuah wedang ronde dipercaya mampu menghilangkan rasa mual dan juga mabuk, hal ini telah ditunjukkan dalam Jurnal Agricultural and Food Chemistry karya Attoe dan Osodeke, 2009.

3 dari 8 halaman

Cegah Risko Serangan Jantung

serangan jantung rev1

Mengonsumsi wedang ronde juga memiliki manfaat untuk terjadinya serangan jantung pada seseorang. Lagi-lagi ini karena kandungan jahe yang terkandung dalam kuah wedang ronde. Kuah jahe ternyata memang bisa membantu tubuh untuk menghilangkan penyebab penyakit jantung dan juga kolesterol.

4 dari 8 halaman

Obati Penyakit Diabetes

Wedang ronde juga memiliki keistimewaan mampu mengobati penyakit diabetes. Jahe yang ada dalam kuah wedang ronde sangat kaya manfaat untuk tubuh manusia. Tapi harus diperhatikan juga untuk jangan menggunakan gula terlalu berlebihan ke dalam kuah. Hal ini telah disebut dalam penelitian Studies of Commonly Used Traditional Medicine-Ginger oleh Wang, W.H dan Z.M Wang.

5 dari 8 halaman

Atasi Perut Kembung

kembung rev1

Jika Anda mengalami kondisi perut kembung, bisa juga di atas dengan mengonsumsi wedang ronde. Kandungan jahe yang ada kuah ronde mampu mengatasi perut kembung Anda. Hal ini dijelaskan dalam jurnal karya Attoe dan Osodeke, 2019.

6 dari 8 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya mampu untuk mengatasi perut kembung, kandungan jahe dalam kuah wedang ronde dapat juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Ini dapat memangkas habis lemak dari makanan berminyak seperti gorengan yang Anda konsumsi dan menimbulkan kolesterol.

7 dari 8 halaman

Redakan Sakit Kepala

kepala

Jahe memang sangat identik dapat mengatasi beraneka macam masalah kesehatan. Perlu diketahui, jika Anda sedang sakit kepala, hal tersebut ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi wedang ronde. Ini telah disebutkan dalam Journal of the Science of Food and Argiculture karya Bartley dan Jacobs, 2000.

8 dari 8 halaman

Sembuhkan Sakit Tenggorokan

tenggorokan

Jahe yang terkandung dalam kuah wedang ronde memiliki kandungan gingerol aktif yang memiliki fungsi meringankan serta menyembuhkan sakit tenggorokan Anda. Jadi jika Anda sering mengonsumsi jahe, itu berarti Anda akan terbebas dari berbagai gangguan tenggorokan yang ada.

Demikianlah manfaat wedang ronde yang sudah Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba!

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini