6 Contoh Dakwah Singkat Khusus Muslim, Pendek Namun Tetap Penuh Makna

Jumat, 2 Desember 2022 11:48 Reporter : Billy Adytya
6 Contoh Dakwah Singkat Khusus Muslim, Pendek Namun Tetap Penuh Makna Ilustrasi ceramah. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Contoh dakwah bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin mendakwahkan ajaran Islam. Dakwah biasanya dilakukan pada salat Jumat, salat subuh, pengajian, majelis taklim hingga kegiatan agama lainnya oleh pendakwah.

Dakwah yang disampaikan umumnya mengandung pesan yang berisi petunjuk, nasihat hingga petuah keagamaan. Saat memberikan dakwah, Pendakwah berharap audiens bisa memahami apa yang telah disampaikan.

Namun banyak orang yang menganggap mendengarkan dakwah atau ceramah merupakan hal membosankan dan bisa membuat ngantuk, apalagi ketika dakwahnya terlalu panjang.

Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda yang ingin menyampaikan dakwah bisa meringkasnya menjadi lebih singkat agar isinya tetap tersampaikan. Berikut adalah contoh dakwah singkat khusus Muslim yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12).

2 dari 7 halaman

Contoh Dakwah

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pendidikan.

Pada kesempatan ini, saya bermaksud menyampaikan tema terkait, terutama mengenai minat membaca buku. Minat baca buku anak-anak remaja hingga dewasa kini semakin menurun dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut bisa dilihat dengan penurunan tingkat literasi masyarakat. Tidak mengherankan, memang. Apalagi saat ini arus informasi melalui media elektronik lebih cepat dibandingkan media cetak. Penurunan minat baca tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas pendidikan kita.

Fenomena yang terjadi terkait minat seseorang, terutama siswa bukan tanpa sebab. Merupakan hal yang lumrah jika siswa sekolah menengah membawa ponsel sendiri. Kita juga tidak dapat mengontrol penuh aplikasi apa saja yang ada di dalamnya. Hampir sebagian besar waktu siswa dihabiskan untuk berselancar di media sosial dan berkomunikasi bersama teman-temannya. Sisanya, waktu dihabiskan untuk mengerjakan PR dan tugas sekolah lainnya. Siswa pun kesulitan menyisihkan waktu untuk membaca buku lain di luar buku pelajaran. Padahal, diperlukan pengetahuan tambahan di luar sekolah agar siswa mampu bersaing setelah lulus nanti.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa informasi lebih cepat beredar melalui media elektronik. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih tegas pada diri sendiri dengan memantau hal-hal penting yang ada di ponsel. Memanfaatkan aplikasi baca buku atau langganan buku online bisa menjadi salah satu alternatif. Jangan sampai penurunan kualitas pendidikan karena minat baca rendah justru disebabkan kita sendiri yang tidak siap dengan kemajuan teknologi.

Akhir kata, mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian. Semoga setelah ini kita bisa menjadi generasi yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

3 dari 7 halaman

Contoh Dakwah Singkat

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas.

Rasulullah SAW mengingatkan, "Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari rida Allah semata."

Walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal kita semuanya pasti sia-sia di mata Allah Swt. Maka, sangat rugi orang yang sedekah habis-habisan hanya ingin disebut dermawan.

Mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal ibadah dan amal saleh dan juga ketika melakukan hal-hal lainnya. Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengimplementasikannya di dunia nyata.

Wassalamualaikum wr.wb

4 dari 7 halaman

Contoh Dakwah Muslim

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rejeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah Saw sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan.

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rejeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

5 dari 7 halaman

Contoh Dakwah Pendek Namun Tetap Bermakna

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan ceramah tentang jodoh.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

6 dari 7 halaman

Contoh Dakwah untuk Anak Muda

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi Generasi Muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian, yang terutama masih duduk di bangku sekolah menengah.

Apakah teman-teman pernah merasa minder karena berada di lingkungan yang penuh orang berpengaruh? Mungkin teman-teman memiliki idola yang sukses dan berhasil melakukan banyak pencapaian. Sebenarnya, hal tersebut juga bisa teman-teman dapatkan. Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu senggang.

Coba jujur pada diri sendiri, ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar di media sosial dibandingkan untuk belajar? jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan semakin dekat dengan kita. Sesekali teman-teman bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari ide dan melihat peluang pasar. Carilah mentor yang sesuai dengan bidang teman-teman dan jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.

Setiap dari kita memiliki potensi untuk sukses dan berkontribusi pada negeri melalui cara apa pun. Maksimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

7 dari 7 halaman

Contoh Dakwah tentan Menuntut Ilmu

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT, yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayahnya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Kedua kalinya sholawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah menuju zaman zakiyyah. Yaitu agama Islam dan Iman. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai Menuntut ilmu.

Pada dasarnya menuntut ilmu itu sangat penting karena sesungguhnya ilmu adalah kehidupan dan cahaya. Keutamaan ilmu yang paling nyata adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada allah. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang di cari dan sesuatu yang paling bermanfaat, daripada lainnya.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang utama, mulia dan penting. Untuk itu semua harus menyadari tentang hal ini, setiap pendidik pada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu, menyalurkannya kepada peserta didik, sehingga manfaat dan fungsi ilmu pengetahuan dirasakan secara menyeluruh, bukan sekedar formalitas belaka.

Sekian penjelasan terkait pentingnya menuntut ilmu. Wassalamu’alaikum Wassalamualaikum wr.wb

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini