6 Cara Mengobati Luka Memar, Bisa Dipraktikkan Sendiri di Rumah

Selasa, 30 Juni 2020 14:02 Reporter : Billy Adytya
6 Cara Mengobati Luka Memar, Bisa Dipraktikkan Sendiri di Rumah ilustrasi memar tubuh. zaxhealth.com

Merdeka.com - Cara mengobati luka memar yang gampang dan mudah dipraktikkan sendiri di rumah akan dapat membantu Anda sedang mengalaminya. Kondisi memar sendiri merupakan masalah yang kerap terjadi, utamanya pada seseorang yang begitu aktif bergerak.

Umumnya, luka memar ini bisa muncul akibat adanya benturan salah satu anggota tubuh dengan sesuatu yang keras sehingga mengakibatkan pembuluh darah kapiler pecah. Olahraga berat memiliki risiko tubuh akan mendapati luka memar, lantaran melakukan aktivitas berat dan memungkinkan Anda untuk terjatuh atau sekedar keseleo.

Kebanyakan luka memar akan ditandai dengan adanya rasa sedikit nyeri pada bagian yang telah terbentur serta perubahan warna menjadi biru atau ungu gelap di kulit. Memang memar ini dapat hilang dengan sendirinya tergantung seberapa parah benturan yang sudah Anda alami. Namun beberapa cara juga dapat dilakukan agar membuat memar sembuh lebih cepat. Berikut adalah cara mengobati luka memar yang sudah dirangkum dari Liputan6.com dan berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Balutan yang Bersifat Menekan

Cara mengobati luka memar salah satunya adalah bisa dengan memberikan sebuah balutan yang bersifat menekan. Anda bisa membebatkan perban elastis pada bagian tubuh yang sedang mengalami memar, akan tetapi jangan terlalu kencang karena hal ini bertujuan agar rasa nyeri serta memar menjadi lebih berkurang.

tubuh

zaxhealth.com

Memberikan balutan dalam tekananan yang rendah, akan mampu membuat tingkat peradangan menjadi menurun. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara ini guna mengobati luka memar yang sedang dialami.

2 dari 6 halaman

Kompres dengan Es Batu

Mengompreskan es batu pada bagian tubuh yang sedang memar merupakan cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Sebab, suhu dingin yang ada pada es batu akan membuat proses pembengkakan serta peradangan menjadi reda.

batu

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Bukan hanya itu, es juga akan membantu mengurangi jumlah darah yang keluar dari dalam pembuluh darah Anda ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Perlu diperhatikan, dalam menerapkan cara ini agar tidak menempelkan es secara langsung pada bagian kulit, bungkuslah dengan mengenakan handuk kecil dan kompres memar selama 20 hingga 30 menit.

3 dari 6 halaman

Istirahat

Cara mengobati luka memar selanjutnya adalah dengan beristirahat. Sangat disarankan agar segera mengistirahatkan bagian tubuh yang sedang mengalami memar, kemudian kurang atau jika bisa hentikan aktivitas melibatkan anggota tubuh cedera hingga pulih kembali.

Hal ini juga sangat berguna untuk mengurangi aliran darah pada bagian tubuh Anda yang memar serta peradangannya. Cara ini akan membuat bengkak dan nyeri pada luka memar tidak menjadi semakin parah.

4 dari 6 halaman

Kompres dengan Air Hangat

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan selain mengobati luka memar dengan mengompresnya dengan menggunakan es, Anda juga bisa mengompresnya dengan air hangat, cara ini dapat dilakukan selang dua hari menerapkan pengompresan memakai es.

ilustrasi air hangat

Shutterstock/Shebeko

Suhu panas diketahui mampu membuat aliran darah menjadi lancar, sekaligus mampu membuat perubahan warna kulit yang membiru kembali menjadi seperti semula. Anda dapat menggunakan kain yang sudah direndam air hangat kemudian kompres bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit, lakukan sebanyak dua hingga tiga kali secara rutin di setiap harinya.

5 dari 6 halaman

Tinggikan Bagian Tubuh yang Memar

Adapula cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati memar selanjutnya adalah dengan meninggikan bagian tubuh yang sedang memar. Posisikan bagian tubuh yang mengalami memar lebih tinggi dari dada Anda, caranya bisa dengan menggunakan bantal atau mengganjal beberapa bagian tubuh yang memar.

Hal tersebut penting dilakukan guna mengurangi aliran darah ke area luka sehingga dapat membuat bengkak atau memar mereda dan tidak melebar.

6 dari 6 halaman

Gunakan Gel atau Salep

Cara mengobati luka memar selanjutnya adalah dengan menggunakan obat gel atau salep oles. Anda dapat mengoleskan sebuah gel atau salep obat yang mengandung heparin di dalamnya guna melarutkan gumpalan darah yang ada di bawah permukaan kulit karena memar yang sedang dialami. Selain itu, kandungan heparin juga akan melancarkan peredaran darah, mengurangi peradangan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

Obat ini juga memiliki efek samping yang sangat jarang terjadi , akan tetapi terkadang dapat menimbulkan alergi. Heparin gel sangat tak dianjurkan untuk dipakai pada luka yang terbuka, obat oles ini juga tidak boleh digunakan oleh anak dengan usis di bawah 5 tahun.

Perlu menjadi perhatian jika memar tidak sembuh atau membaik dalam lebih dari 2-3 minggu dan disertai dengan gejala yang lebih parah, maka Anda perlu segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini