YouTube Hapus 70 Ribu Video Konflik Rusia dan Ukraina

Selasa, 24 Mei 2022 15:52 Reporter : Merdeka
YouTube Hapus 70 Ribu Video Konflik Rusia dan Ukraina Ilustrasi YouTube. ©2018 Independent.co.uk

Merdeka.com - YouTube dilaporkan telah menghapus lebih dari 70.000 video hingga saat ini, terkait dengan konflik Rusia dan Ukraina. Penghapusan itu lantaran banyak video yang melanggar kebijakan utama perusahaan besutan Google itu. Kebanyakan soal kekerasan.

Dilaporkan Engadget, Senin (23/5), YouTube tidak merinci tindakan penegakan. Mereka hanya menyebut telah menangguhkan sekitar 9.000 saluran dalam penyisiran, termasuk satu yang terkait dengan jurnalis pro-Kremlin, Vladimir Solovyov.

Beberapa video yang diturunkan YouTube melanggar pedoman perusahaan dengan menyebut invasi sebagai 'misi pembebasan'.

"Kami memiliki kebijakan peristiwa kekerasan besar dan itu berlaku untuk hal-hal seperti penolakan peristiwa kekerasan besar: mulai dari Holocaust hingga Sandy Hook. Dan tentu saja, apa yang terjadi di Ukraina adalah peristiwa kekerasan besar," kata Neal Mohan, kepala produk YouTube.

Neal menyebutkan bahwa tindakan itu merupakan suatu kebijakan yang belum pernah pihaknya lakukan. YouTube melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengguna di Ukraina, Polandia, dan Rusia yang mengonsumsi konten 'otoritatif' dalam konflik tersebut. Di Ukraina, misalnya, konten berita tentang invasi telah ditonton lebih dari 40 juta kali.

"Tanggung jawab pertama dan mungkin yang paling penting adalah memastikan bahwa orang yang mencari informasi tentang acara ini dapat memperoleh informasi yang akurat, berkualitas tinggi, dan kredibel di YouTube," ungkap Neal.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini